Satpam Di Pinrang Sulap Sampah Plastik Jadi BBM

by -97 Views

RUBRIK.ID, PINRANG-Jangan Buang sampah Plastik anda, sebab Sampah Plastik bakal menjadi barang berharga di Kabupaten Pinrang, setelah seorang Satpam salah satu Perbankan di Kabupaten Pinrang berhasil mengolah sampah Plastik menjadi Bahan Bakar Minyak {BBM] Jenis Premium, Solar, hingga Minyak Tanah.” Untuk setiap Kilogram sampah plastik jenis gelar air mineral , dapat menghasilkan 300 Milliliter Premium ” kata Yusuf, Pencipta Destinator sampah Plastik, saat ditemui di bank sampah Peduli Pinrang Selasa 18 Oktober 2022

Cacahan plastik tersebut, di olah melalui rangkaian Pipa 3 Inci, sebagai reaktor ke pipa yang lebih kecil yang dihubungkan ke kondektor sebagai tempat penampungan bbm yang dihasilkan. .

Jenis sampah plastik yang digunakan masing masing HDPE, LDPE, PET, untuk menghasilkan Bensin, Solar dan Minyak Tanah.

Yusuf mengatakan, meski bensin yang dihasilkan dari cacahan hasil dapat digunakan untuk kendaraan, namun orientasi penggunaan alat ini, untuk meminimalkan sampah sampah plastik di lingkungan ” Karena jika dibakar, akan menghasilkan polusi, dan jika dibiarkan berserahkan menjadi sarang penyakit ”

Menurut Yusuf, alat yang diciptakan ini sempat digunakan masyarakat di Kuri Caddi Kabupaten Maros pada 2018 silam ” Inovasi alat ini diciptakan sejak 2017 lalu ” Sebagai solusi mendapatkan bahan bakar, dan pemamfaatan tenaga surya ”

Alumnus Fakultas Kelautan Unhas itu menambahkan, inovasi ini tercipta sepulang mengikuti sosialisasi tentang sampah di Jakarta pada 2017 lalu,” Saat itu saya dibantu Asrul, Akbar dan Syafriman dan rekan yang dari Fakultas Tekhnik “.

Ketika itu kata dia, bertiga mencari literatur dan referensi tentang inovasi tersebut “Dan hasilnya, sudah bisa kita nikmati saat ini ”

Dia mengatakan, untuk pembuatan alat sederhana ini, hanya membutuhkan sekitar Rp3 juta, jika dilengkapi dengan Panel Surya dan slang air ” Karena jika menggunakan slang air, bensin yang hasilkan lebih jernih “.

Alat ini sempat ditampilkan pada Pekan Ilmah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) tahun 2018 yang diselenggarakan di Yogyakarta. (R3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.