Longsor Isolasi 879 Warga Desa Lappangeng, Sidrap

by -97 Views

SIDRAP, RUBRIK.ID — Akibat intensitas hujan yang tinggi, empat dusun di Desa Lappangeng, Kecamatan Pitu Riase, Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap) terisolir akibat longsor. Aktifitas warga pun lumpuh total.

” Jalan penghubung antar di empat dusun yakni, dusun Wala-wala, Lumpingan, Langke dan dusun Rante rusak dan tertimbun longsor.” Kata kepala BPBD Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, Sudirman, Selasa (06/09/2022).

Akibat longsor jalan penghubung empat dusun itu tak bisa dilalui kendraan roda dua ataupun roda empat. Warga yang melintas dengan motor, harus berjibaku dengan lumpur dan harus digotong oleh warga lainya.

” Kerusakan jalan penghubung di desa Lappangeng, sekira 62 meter. Jalan rusak dan tertutup meterial longsor dari gunung. ” Terang Sudirman.

BPBD Sidrap mencatat sekira 879 jiwa warga desa Lappangeng, terisolasi. Lumpur yang menutup jalan diperkirakan ketebalan diatas satu meter.

” Lumpur yang menutup jalan 1 meter hingga 4 meter. Wargapun harus menggotong motor jika hendak melalui jalan desa yang tertimbun material longsor. ” Aku Sudirman.

Petugas BPBD Sidrap, dibantu TNI/Polri Kabupaten Sidrap, telah tembus ke empat dusun yang terisolir itu dengan berjalan kaki puluhan kilometer. Petugas pun telah melakukan pendataan dan akan segera mengirim bantuan.

” Kita mengutus sejumlah anggota termasuk personil Polsek setempat untuk membantu warga di desa terdampak. Dari hasil koordinasi kami dari Pemkab Sidrap, tim alat berat akan rencananya meluncur ke lokasi bencana. “terang Kapolres Sidrap, AKBP Erwin Syah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.