Xi Jinping Sebut Palestina Saudara Baik China, Kirim Dukungan Lawan Covid-19

Xi Jinping Sebut Palestina Saudara Baik China, Kirim Dukungan Lawan Covid-19
Presiden China Xi Jinping anggap Palestina saudara baik (The Economic Times dan The New Arab)

RUBRIK.ID - Berikut ini berita Internasional yang disajikan RUBRIK.ID tentang dukungan Presiden China, Xi Jinping terhadap Palestina di tengah pandemi Covid-19.

Presiden China, Xi Jinping menyempatkan menelepon Presiden Palestina Mahmoud Abbas guna memberi dukungan melawan bahaya virus corona.

Presiden China Xi Jinping mengatakan, masalah Palestina selalu menjadi problem inti di kawasan Timur Tengah, dan China mendukung "solusi dua negara" sebagai arah yang benar.

Xinhua melaporkan, selama pembicaraan telepon dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Xi Jinping atas nama pemerintah dan orang-orang China menyatakan belasungkawa tulus dan dukungan tegas kepada pemerintah Palestina dan orang-orang dalam perjuangan mereka melawan epidemi virus corona.

Xi Jinping mengatakan, China dan Palestina adalah saudara yang baik, teman baik dan mitra yang baik.

Kedua belah pihak selalu saling percaya dan mendukung satu sama lain dalam masalah yang menyangkut kepentingan inti dan keprihatinan utama mereka masing-masing.

Sejak dimulainya wabah, China telah menyediakan banyak pasokan dan mengirim para ahli medis ke Palestina, menyelenggarakan konferensi video antara para ahli medis Cina dan rekan-rekan Palestina mereka, dan menawarkan bantuan anti-epidemi kepada para pengungsi Palestina.

China akan terus berbagi pengalamannya dengan Palestina tanpa syarat, dan melakukan apa yang dapat dilakukannya dalam memberikan dukungan material dan teknis.

Xi  menambahkan, negaranya akan terus melaksanakan proyek-proyek yang kondusif untuk memajukan ekonomi Palestina dan meningkatkan mata pencaharian masyarakat sehingga dapat membawa manfaat lebih banyak dan lebih baik bagi rakyat Palestina.

"China siap bekerja dengan Palestina dan negara-negara lain untuk memperkuat kerja sama, mendukung multilateralisme, dan bersama-sama mempromosikan pembangunan komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia," katanya.

Xi Jinping menegaskan bahwa posisi China dalam masalah Palestina konsisten dan jelas.

"China dengan tegas mendukung tuntutan adil Palestina, serta semua upaya yang kondusif untuk menyelesaikan masalah Palestina," kata Xi Jinping.

China mendukung "solusi dua negara" sebagai arah yang benar, dan tetap berpegang pada dialog dan negosiasi dengan pijakan yang sama.

Ia menambahkan bahwa masyarakat internasional harus mengambil posisi yang objektif dan adil dan membangun upaya untuk mempromosikan perdamaian. 

Dia juga mengatakan, China siap untuk terus memberikan kontribusi aktif untuk penyelesaian yang komprehensif, adil dan abadi dari masalah Palestina di awal.

Sementara, Mahmoud Abbas mengatakan, Palestina memuji pencapaian penting China dalam perang melawan wabah virus corona.

Ia berterima kasih kepada China karena memberikan dukungan dan bantuan yang tepat waktu dan tak ternilai bagi Palestina dalam pertempuran epidemi.

Dia juga menghargai upaya China untuk menegakkan keadilan dalam masalah Palestina, dan menjaga hak-hak dan kepentingan sah rakyat Palestina.

Menurut Abbas, fakta telah membuktikan berulang kali bahwa China adalah teman paling dapat diandalkan rakyat Palestina.

Palestina akan terus berdiri kokoh dengan China dan mendukung posisi sah China di Hong Kong, Xinjiang dan hal-hal lain mengenai kepentingan inti China.

Abbas berharap China memainkan peran yang lebih penting dalam mempromosikan penyelesaian yang adil dari masalah Palestina. 

(*)

Artikel ini bersumber dari kontan.co.id dengan judul "Xi Jinping: China dan Palestina adalah saudara baik, teman dan mitra yang baik",
https://internasional.kontan.co.id/news/xi-jinping-china-dan-palestina-adalah-saudara-baik-teman-dan-mitra-yang-baik.
Editor :  Khomarul Hidayat