Warga Loa Bakung Swadaya Budidaya Pepaya, Rusmadi Apresiasi Program RT 82 Loa Bakung 

Konsep pro bebaya besutan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda Andi Harun-Rusmadi terus digalakkan. Seperti yang dilakukan warga RT 82 Loa Bakung.

Warga Loa Bakung Swadaya Budidaya Pepaya, Rusmadi Apresiasi Program RT 82 Loa Bakung 
Kegiatan penanaman bibit pepaya oleh warga RT 82 Kelurahan Loa Bakung, Rabu (7/4/2021)/ Rubrik.id

RUBRIK.ID, SAMARINDA - Konsep pro bebaya besutan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda Andi Harun-Rusmadi terus digalakkan. Seperti yang dilakukan warga RT 82 Loa Bakung.

Rusmadi menyebut kunci pembangunan adalah partisipasi masyarakat. Konsep dan perencanaan pembangunan yang dibuat oleh pemerintah, jika tidak ada partisipasi dari masyarakat maka tidak akan berjalan lancar.

“Kepedulian sosial perlu kita bangun, masyarakat dapat memanfaatkan dana pro bebaya yang akan disiapkan pemerintah sebesar 100-300 juta per RT,” ujarnya kepada awak media, Rabu (7/4/2021).

Rusmadi mengapresiasi langkah dan kerja dari masyarakat RT. 82 Loa Bakung yang telah bergotong royong dan berpartisipasi dalam pembangunan lingkungan di tingkat RT.

“Saya pribadi dan pemerintah Kota Samarinda memberikan apresiasi terhadap upaya pembangunan secara gotong royong di RT. 82," kata Rusmadi.

Ia mengharapkan keberadaan kampung tangguh COVID-19 bisa berkembang dengan tidak hanya fokus pada pencegahan virus corona, namun juga bisa dikembangkan untuk hal lainnya seperti menyediakan ketahanan pangan di tingkat RT melalui program-program budidaya tanaman maupun budidaya peternakan.

Sementara itu, Ketua RT 82 Loa Bakung, Hafidz mengatakan pilihan budidaya tanaman pepaya karena memiliki nilai jual yang tinggi dan perawatan pepaya juga mudah. Jenis pepaya yang digunakan adalah bibit pepaya california

“Lahan yang digunakan untuk penanaman 1000 pohon pepaya seluas 2.800 m2 dengan dibantu alat berat dari PT. Bukit Baiduri Energi” bebernya.

Sumber dana untuk kegiatan dilakukan melalui dana jempitan yaitu dana yang dihasilkan dari swadaya masyarakat dengan menaruh kaleng di depan rumah untuk ditaruh dana bantuan.

Sebelumnya lahan pepaya yang ditanam dan sudah dipanen jumlahnya 280 pohon. Mulai dari pembibitan dan penanaman dari swadaya masyarakat. (advertorial)