Wah! di Tokyo Ada Toilet Publik Transparan, Kok Bisa?

Shigeru Ban Architects merupakan perusahaan arsitektur pemenang Penghargaan Pritzker yang memasang toilet transparan itu di dua taman Shibuya, yakni Taman Yoyogi Fukamachi Mini dan Taman Haru-no-Ogawa Community

Wah! di Tokyo Ada Toilet Publik Transparan, Kok Bisa?
Toilet tembus pandang di Tokyo, Jepang. Warga dengan mudah melihat kebersihan toilet sebelum menggunakannya. (The Guardian-aceh.tribunnews.com)

RUBRIK.ID - Berita Mancanegara yang dikutip RUBRIK.ID tentang toilet publik transparan

Pada umumnya kamar mandi, toilet selalu dalam keadaan tertutup, karena tempat tersebut merupakan tempat yang seharusnya tidak mempublikasikan segala aktifitas selama berada di dalam.

Namun, berbeda dengan yang terjadi  di Tokyo. Salah satu distrik paling populer di Tokyo baru-baru ini menambahkan beberapa atraksi baru yang tidak biasa yakni toilet publik transparan.

Didesain oleh Shigeru Ban Architects, dua set toilet tembus pandang itu dipasang di Shibuya, pusat kota yang terkenal untuk perlintasan pejalan kaki yang sangat sibuk tersebut.

Meski tampilan toilet itu tampak menantang, ternyata itu bagian dari proyek inovatif yang bertujuan mengubah persepsi orang tentang toilet publik.

Shigeru Ban Architects merupakan perusahaan arsitektur pemenang Penghargaan Pritzker yang memasang toilet transparan itu di dua taman Shibuya, yakni Taman Yoyogi Fukamachi Mini dan Taman Haru-no-Ogawa Community.

"Ada dua hal yang kami khawatiran saat masuk toilet publik, terutama yang terletak di taman," papar pernyataan di website resmi proyek tersebut, Tokyotoilet.jp.

"Pertama adalah kebersihannya dan kedua adalah apakah ada orang di dalamnya," ungkap laman resmi itu.

Shigeru Ban Architects mengatasi dua kekhawatiran itu dengan mendesain toilet dengan dinding kaca yang memungkinkan publik melihat dari bagian luar. Namun saat seseorang masuk ke toilet dan menutup pintu, dinding akan berubah menjadi buram untuk memberi privasi.

"Ini memungkinkan pengguna memeriksa kebersihan dan apakah seseorang sedang menggunakan toilet dengan melihat dari luar. Saat malam, fasilitas itu menyinari taman seperti lentera yang cantik," papar laman itu.

Kehadiran toilet canggih ini ternyata menarik banyak pengunjung yang kemudian mengambil foto di dekatnya. Fasilitas itu tampak sangat bersih, dengan campuran warna putih dan chrome yang bersinar. (*)

Artikel ini telah tayang di SINDONEWS.COM dengan judul "Toilet Tembus Pandang di Shibuya Kejutkan Para Pengunjung" https://international.sindonews.com/read/137932/46/toilet-tembus-pandang-di-shibuya-kejutkan-para-pengunjung-1597817301