Update Gelombang Kedua Covid-19, Dinkes Balikpapan: Peningkatan Kematian Lebih dari 100 Persen

Tim Gugus Tugas Covid-19 waspadai masyarakat dalam menghadapi gelombang kedua penyebaran kasus Covid-19 di Kota Balikpapan

Update Gelombang Kedua Covid-19, Dinkes Balikpapan: Peningkatan Kematian Lebih dari 100 Persen
Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikapapan Andi Sri Juliarty/nomorsatukaltim.com

RUBRIK.ID, BALIKPAPAN - Pandemi Covid-19 di Kota Balikpapan terus mengalami peningkatan yang terkonfirmasi positif seiring berjalannya waktu.

Tim Gugus Tugas Covid-19 waspadai masyarakat dalam menghadapi gelombang kedua penyebaran kasus Covid-19 di Kota Balikpapan.

"Saat ini kita berada dalam gelombang kedua kasus Covid-9 di Kota Balikpapan," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikapapan Andi Sri Juliarty.

Ia mengatakan terutama pada bulan Agustus ini banyak ditemukan kasus yang terkonfirmasi positif dan juga adanya kenaikan kasus kematian yang signifikan. 

"Ditandai dengan peningkatan kasus terkonfirmasi positif lebih dari 200% dalam sebulan ini, peningkatan kematian juga lebih dari 100%," ujarnya.

Diketahui sebelumnya kasus Covid-19 ini sudah merambah ke berbagai klaster yang ada di Kota Balikpapan, mulai dari beberapa pekerja di kedinasan hingga tenaga medis yang mencapai 73 orang terkonfirmasi positif.

"Klaster juga meningkat dari yang terinfeksi Coivd-19, ada klaster perkantoran, klaster keluarga, hingga klaster tenaga medis," katanya.

"Klaster ini sudah mengenai dari anak-anak hingga lansia," lanjutnya.

Tak hentinya tim gugus tugas Covid-19 memohon kepada masyarakat untuk dapat memahami keadaan yang Kota Balikpapan dengan menerapkan segala protokol kesehatan, dan tidak menularkan atau ditularkan virus mematikan ini.

"Kami imbau kepada seluruh masyarakat untuk benar-benar menerapkan protokol Covid-19 dimanapun berada," katanya.

"Selalu pakai masker, tetap jaga jarak, cuci tangan, serta tetap berada dirumah saja jika bukan keperluan yang mendesak jangan keluar rumah," lanjutnya. (*)