Terobosan Baru Demi Kenyamanan Pengguna, Aplikasi Zoom Tambah Fitur Kemanan

Pemberian fitur keamanan autentikasi tersebut dapat berupa sesuatu yang diketahui pengguna, seperti kata sandi atau pin, sesuatu yang dimiliki pengguna, seperti perangkat seluler, sidik jari, atau suara

Terobosan Baru Demi Kenyamanan Pengguna, Aplikasi Zoom Tambah Fitur Kemanan
Ilustrasi aplikasi zoom/money.kompas.com

RUBRIK.ID - Berita Mancanegara yang dikutip RUBRIK.ID tentang fitur baru di aplikasi Zoom.

Aplikasi Zoom saat ini sering kali digunakan para pelajar, mahasiwa, pekerja untuk  menjadi media komusikasi via daring dengan jumlah anggota yang banyak.

Selama masa pandemi COVID-19 marak digelar berbagai acara berebasis online. salah satu aplikasi yang sering digunakan adalah Zoom.

Karena seringnya digunakan, aplikasi Zoom senantiasa melakukan terobosan-terobosan guna memberi kenyamanan dan keamanan bagi penggunanya.

Pihak Zoom menambah fitur keamanan autentikasi dua faktor (2FA). Peningkatan ini difungsikan untuk memudahkan admin guna melindungi pengguna dan mencegah pelanggaran keamanan yang langsung dari platform.

Pemberian fitur keamanan autentikasi tersebut dapat berupa sesuatu yang diketahui pengguna, seperti kata sandi atau pin, sesuatu yang dimiliki pengguna, seperti perangkat seluler, sidik jari, atau suara.

“Zoom 2FA dalam platform komunikasi terpadu kami menyediakan cara yang aman untuk memvalidasi pengguna dan melingungi dari pelanggaran keamanan dan memberikan sejumlah manfaat,” tulis Zoom dikutip dari Antaranews.

Manfaat yang didapat dari hadirnya 2FA bila dipakai organisasi, maka organisasi tersebut dapat mengurangi resiko pencurian identitas dan pelanggaran keamanan dengan menambahkan lapisan keamanan ekstra yang dapat mencegah pelaku kejahatan mengakses akun dengan menebak sandi atau mendapatkan akses ke perangkat karyawan atau siswa.

Fitur 2FA juga dapat membantu organisasi dalam memenuhi kewajibannya melindungi data sesitif dan informasi dari para pengguna.

Berbeda dengan layanan keamanan siber yang berbayar, 2FA dari Zoom memberikan layanan gratis dan efektif untuk melakukan validasi pengguna dan melindungi dari pelanggaran keamanan. Selain itu tingkat keamanan tambahan yang menghindarkan para pengguna dari manajemen kata sandi yang konstan.

Selain itu, para pengguna diberi pilihan untuk menggunakan aplikasi autentikasi yang mndukung protokol Time-Based One-Time Password (TOTP) seperti Google Authenticator, Microsoft Authenticator, dan FreeOTP.

Atau dapat meminta Zoom untuk mengirimkan kode melalui SMS maupun panggila telepon sebagai faktor kedua dari proses autntikasi akun.

Yang ditawarkan Zoom lagi adalah berbagai metoe autentikasi seperti SAML, OAuth, dana tau autentikasi berbasi sandi yang dapat diaktifkan atau dinonaktifkan satu persatu untuk akun.

Cara mengaktifkan 2FA di tingkat akun untuk autentikasi berbasis kata sandi, admn akun harus melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

1.  Masuk ke dasbor Zoom

2. Di menu navigasi, klik ‘Lanjutan,’ lalu ‘Keamanan.’

3.  Pastikan opsi Masuk dengan Autentikasi Dua Faktor diaktifkan.

4.  Pilih salah satu opsi berikut:

a.  Semua pengguna diakaun aknda: Aktifkan 2FA untuk semua pengguna di akun.

b.  Pengguna dengan peran khusus: Aktifkan 2FA untuk peran dengan peran tertentu. Pilih peran yang ditentukan, pilih ‘Peran,’ lalu klik ‘Ok.’

c.  Pengguna yang masuk dalam grup tertentu: Aktifkan 2FA untuk pengguna yang di berada di grup tertentu. Klik ikon pensil, pilih grup, lalu klik ‘Ok.’

5.  Klik Simpan untuk mengonfirmasi pengaturan 2FA

(*)

Artikel ini telah tayang di semarangku.pikiran-rakyat.com dengan judul "Aplikasi Zoom Tambah Fitur Pengaman, Begini Cara Setingnya" https://semarangku.pikiran-rakyat.com/teknologi/pr-31739880/aplikasi-zoom-tambah-fitur-pengaman-begini-cara-setingnya?page=3