Sukseskan Pilkada 2020 di Samarinda, Muhammad Najib: Relawan Bakal Bantu KPU dalam Sosialisasi

Tugas relawan akan menyasar pada kebutuhan khusus dalam penyelenggaraan Pilkada

Sukseskan Pilkada 2020 di Samarinda, Muhammad Najib: Relawan Bakal Bantu KPU dalam Sosialisasi
Komisioner KPU Kota Samarinda, Muhammad Najib/

RUBRIK.ID, SAMARINDA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Samarinda menggelar bimbingan teknis (Bimtek) bagi para relawan yang tergabung dalam Relawan Demokrasi.

Bimtek tersebut diberikan guna mempersiapkan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 di Kota Samarinda

Komisioner KPU Kota Samarinda, Muhammad Najib mengatakan, tingginya minat relawan yang mencapai lebih kurang 50 orang setelah melalui tahap seleksi diharapkan dapat meningkatkan angka partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan Pilkada yang akan digelar 9 Desember mendatang.

"Relawan akan membantu KPU dalam rangka sosialisasi. Jadi kegiatan mereka nanti bermacam dan beragam. Namun kami akan sounding dengan kegiatan di kecamatan dan kelurahan," ujarnya, Kamis (6/8/2020).

Tugas relawan akan menyasar pada kebutuhan khusus dalam penyelenggaraan Pilkada.

Diantaranya, mengcover penyelenggaraan di rumah tahanan atau lapas dan membantu pemilih pemula dalam hal ini pelajar yang masuk dalam daftar pemilih, serta membantu masyarakat dengan kebutuhan khusus.

"Ada yang memang pegiat disabilitas semua dihimpun bagaimana semua bisa saling solid kemudian mendorong angka partisipasi," ucapnya.

Dengan bergabungnya Relawan Demokrasi, KPU berharap dalam tantangan besar dalam meningkatkan angka partisipasi pemilih akan tercapai maksimal.

"Kita sadari bahwa angka partisipasi Samarinda cenderung lebih kecil. Bahkan tantangan beratnya adalah bagaimana meningkatkan partisipasi masyarakat pada hari pencoblosan di 9 Desember 2020, dengan menekan angka golput," pungkasnya. (*)