Sudah Butut, Sepatu Ini Justru Dilelang Hingga 2,1 Miliar

Sepatu yang buatan tangan awal 1970-an yang kini sudah tampak butut, dilelang hingga bernilai US$ 150.000 (Rp 2,1 miliar) saat dilelang.

Sudah Butut, Sepatu Ini Justru Dilelang Hingga 2,1 Miliar

RUBRIK.ID – Berita Mancanegara yang dirangkum RUBRIK.ID tentang sepatu butut yang dilelang hingga bernilai US$ 150.000 (Rp 2,1 miliar) saat dilelang.

Sebuah sepasang sepatu berwana putih dilelang dengan harga yang menabjubkan.

Sepatu yang buatan tangan awal 1970-an yang kini sudah tampak butut, dilelang hingga bernilai US$ 150.000 (Rp 2,1 miliar) saat dilelang.

Harga meroket tinggi karena ini bukan sepatu lari biasa.

Sepatu kets ini adalah sepatu pertama yang dibuat oleh Bill Bowerman, yakni salah satu pendiri Nike dan pelatih atletik legendaris di University of Oregon.

Sotheby yang merupakan balai lelang ternama di Amerika Serikat mengatakan bahwa sepatu ini menandai kerajinan tangan pertama dan satu-satunya oleh Bill Bowerman yang pernah muncul di pelelangan. Sepatu itu dibuat untuk John Mays, pelari di tim trek Bowerman, dan sejak saat itu tetap berada di tangannya.

Sepasang kedua sepatu Bowerman tinggal di Arsip Perpustakaan Knight di Universitas Oregon.

"Sering kali, Bill akan berbicara kepada saya tentang perusahaan baru yang diikutinya. Saya tidak memperhatikannya saat itu. Suatu hari, dia meminta saya untuk membantu menguji spike atau paku baru yang dia rancang. Tentu saja, saya setuju dan bersemangat untuk dipilih," kata Mays kepada Sotheby.

Bowerman bermitra dengan Phil Knight pada tahun 1964 untuk memulai Blue Ribbon Sports (BRS). Lalu, mereka berganti nama menjadi perusahaan Nike pada tahun 1971.

Alasan sepatu ini sangat berharga adalah karena mereka berfungsi sebagai templat asli dan inovasi besar pertama bagi perusahaan. Saat ini, merek multi-miliar dolar itu masih menggunakan desain wafel itu.

Penawaran untuk lelang lot online khusus tunggal dimulai Rabu dan berlangsung hingga 26 Juni. Sotheby mengatakan sepatu itu adalah salah satu pasangan paling berharga yang pernah ditawarkan di lelang.

Baru bulan lalu, rumah lelang itu juga menjual sepasang Air Jordan 1 karya Michael Jordan seharga US$ 560.000.

"Kami merasakan satu-satunya cara yang tepat untuk menindaklanjuti penjualan sebesar itu adalah dengan menawarkan sesuatu yang istimewa yang berbicara tentang sejarah dan warisan Nike," kata Brahm Wachter, Direktur Pengembangan eCommerce Sotheby.

 

Artikel ini telah tayang di cnbcindonesia.com dengan judul “Ada-ada Aja, Sepatu Butut Begini Dilelang Sampai Rp2,1 M” https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20200618123503-33-166252/ada-ada-aja-sepatu-butut-begini-dilelang-sampai-rp21-m