Sosialisasi Perda Tentang Pajak Daerah, Anggota DPRD Kaltim: Masyarakat Berhak Kritisi

Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda), Provinsi Kaltim Nomor 1 Tahun 2019 dilakukan anggota DPRD Kaltim, H. Amiruddin yang berasal dari daerah pemilihan Paser dan PPU.

Sosialisasi Perda Tentang Pajak Daerah, Anggota DPRD Kaltim: Masyarakat Berhak Kritisi
Ilustrasi pajak/ IST

RUBRIK.ID, SAMARINDA – Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda), Provinsi Kaltim Nomor 1 Tahun 2019 dilakukan anggota DPRD Kaltim, H. Amiruddin yang berasal dari daerah pemilihan Paser dan PPU.

Sosialisasi dilakukan di aula SMP N 2 Tanah Grogot pada Minggu (28/3/2021).

Adapun Perda yang disosialisasikan, yaitu peraturan daerah tentang perubahan kedua atas Perda Nomor 1 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah.

"Kegiatan ini pertama dilakukan. Ini bukan Reses tapi sosialisasi Perda Provinsi Kaltim. Karena saya anggota DPRD Kaltim dari Paser dan PPU, maka saya melakukan sosialisasi ini kepada masyarakat," kata Amiruddin.

Amiruddin menerangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Kaltim dari pajak daerah cukup signifikan, dimana mencapai sebanyak 78 persen.

Sementara, untuk pajak Daerah menyumbang berkisar 39 persen dalam postur Anggaran Pendaapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Kaltim.

Ada 5 sektor pajak Daerah yang dijelaskan, diantaranya Pajak Kendaraan Bermotor, biaya balik nama kendaraan bermotor, pajak bahan bakar kendaraan bermotor, pajak air permukaan dan pajak rokok.

Amiruddin menegaskan pentingnya masyarakat untuk membayar pajak dikarenakan penerimaan dari sektor itu nantinya juga akan digunakan untuk pembangunan daerah seperti pembangunan jalan, jembatan dan infrastruktur lainnya.

Hal ini pun dinilainya wajar jika masyarakat berikan ktirik jika penggunaan anggaran tidak transparan.

"Masyarakat berhak mengkritisi, jika penggunaan anggaran tidak digunakan untuk pembangunan dan kebutuhan masyarakat lainnya," ujarnya. (advertorial)