Soal Video Dukungan Wagub Kaltim, Bawaslu Samarinda akan Pelajari Lebih Dalam

Minggu (22/11/2020), beredar video berdurasi lebih kurang 1 menit di media sosial Facebook yang berisi adegan dialog antara Paslon nomor urut 3 Zairin-Sarwono bersama, Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi dan beberapa talent yang berperan sebagai warga Samarinda.

Soal Video Dukungan Wagub Kaltim, Bawaslu Samarinda akan Pelajari Lebih Dalam
Abdul Muin, Ketua Bawaslu Kota Samarinda/ IST

RUBRIK.ID, SAMARINDA - Minggu (22/11/2020), beredar video berdurasi lebih kurang 1 menit di media sosial Facebook yang berisi adegan dialog antara Paslon nomor urut 3 Zairin-Sarwono bersama, Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi dan beberapa talent yang berperan sebagai warga Samarinda.

Hal ini pun telah diketahui oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Samarinda.

Ketua Bawaslu Samarinda, Abdul Muin mengatakan, pihaknya akan melihat dulu apakah postingan video tersebut diunggah sebelum tanggal 22 November 2020.

"Kita liat dulu, kan terhitung itu sejak 22 November - 5 Desember. Kita harus pelajari benar-benar apakah ada yang dilanggar," kata Muin sapaanya saat dihubungi awak media melalui sambungan telepon whatsapp, Minggu (22/11/2020).

Bawaslu selaku bagian dari penyelenggara Pilkada harus bersifat objektif dalam melihat dugaan-dugaan pelanggaran Pilkada.

Namun, jika dalam video tersebut didapati adanya dugaan pelanggaran aturan sesuai yang telah diatur dalam Undang-Undang Pilkada maka Bawaslu akan melakukan penindakan sesuai aturan yang berlaku.

"Tidak menutup kemungkinan kalau memang ada dugaan pelanggaran akan kita mintai klarifikasi Paslon tersebut terkait video itu. Tapi semua kita harus lihat dulu fakta lapangannya," tutupnya. (*)