Saat AS Latihan Perang,  Kapal Selam Rusia Tiba-tiba Muncul di Dekat Alaska 

Komando Utara AS menambahkan bahwa aktivitas maritim Rusia terjadi di perairan internasional jauh di luar laut teritorial AS.

Saat AS Latihan Perang,  Kapal Selam Rusia Tiba-tiba Muncul di Dekat Alaska 
Kapal selam AL Rusia tina-tiba muncul ke permukaan di perairan dekat Alaska, AS/inews.id

RUBRIK.ID - Berita Mancanegara yang dikutip RUBRIK.ID tentang kapal selam Rusia yang muncul di dekat Alaska.

Kemunculan Kapan selam Rusia secara tiba-tiba di dekat Alaska pada 27 Agustus mengagetkan Komando Pertahanan Udara Amerika Utara. 

Komando Utara AS mengatakan belum menerima permintaan bantuan dari Angkatan Laut Rusia atau pelaut lain di daerah tersebut dan tidak jelas mengapa kapal selam itu muncul. 

"Kami melacak dengan cermat kapal yang menarik perhatian itu, termasuk kapal angkatan laut militer asing, di wilayah tanggung jawab kami," ungkap Komando Utara AS di Twitter yang dinukil Radio Free Europe, Jumat (28/8/2020).

"Kami selalu siap membantu mereka yang dalam kesulitan," bunyi sambungan tweet itu.

Komando Utara AS menambahkan bahwa aktivitas maritim Rusia terjadi di perairan internasional jauh di luar laut teritorial AS.

Pejabat militer AS mengatakan kepada Associated Press bahwa kapal selam itu muncul saat latihan perang.

Sementara itu Penjaga Pantai AS mengatakan kehadiran kapal Rusia menimbulkan kekhawatiran di antara kapal penangkap ikan komersial AS di Laut Bering pada 26 Agustus.

"Beberapa kapal penangkap ikan memberi tahu Penjaga Pantai bahwa mereka telah menemukan kapal-kapal Rusia dan khawatir," kata juru bicara Penjaga Pantai Kip Wadlow.

Wadlow mengatakan Penjaga Pantai menghubungi Komando Alaska di Pangkalan Gabungan Elmendorf-Richardson, yang mengonfirmasi bahwa kapal-kapal itu ada di sana sebagai bagian dari latihan militer Rusia yang telah direncanakan sebelumnya yang diketahui oleh beberapa pejabat militer AS. 

Wadlow tidak memiliki informasi tentang ruang lingkup latihan tersebut atau berapa banyak kapal Rusia yang terlibat. (*)

Artikel ini telah tayang di sindonews.com dengan judul "Kapal Selam Rusia Muncul di Lepas Pantai Alaska" https://international.sindonews.com/read/146822/42/kapal-selam-rusia-muncul-di-lepas-pantai-alaska-1598587717