Presiden Lebanon Minta Investigasi Ledakan Beirut, Diduga Ada Gangguan Negara Asing

Presiden Lebanon Minta Investigasi Ledakan Beirut, Diduga Ada Gangguan Negara Asing
Presiden Lebanon perintahkan investigasi ledakan Beirut (The Telegraph dan freepik)

RUBRIK.ID - Berita Internasional disajikan RUBRIK.ID tentang Presiden Lebanon Michel Aoun mengambil sikap setelah ledakan Beirut, minta investigasi kemungkinan adanya gangguan negara asing.

Presiden Lebanon Michel Aoun menyatakan investigsi ledakan terbesar dalam sejarah Beirut itu akan memeriksa apakah gangguan eksternal dari negara asing turut berperan.

Saat ini warga Beirut masih berupaya membangun kembali tempat tinggal dan mata pencariannya yang hancur akibat ledakan di ibu kota Lebanon.

Pencarian korban hilang masih ditingkatkan saat tim SAR menggali puing untuk menemukan korban selamat setelah ledakan yang menewaskan 154 orang di Beirut.

“Penyebabnya belum ditetapkan.

Ada kemungkinan gangguan eksternal melalui roket atau bom atau aksi lainnya,” papar Presiden Michael Aoun dalam komentar pada media lokal dan dikonfirmasi kantornya.

Dia juga mempertimbangkan apakah ledakan itu akibat kelalaian atau kecelakaan.

Dia sebelumnya menyalahkan terjadinya kelalaian dalam penyimpanan bahan yang mudah meledak itu selama bertahun-tahun di pelabuhan Beirut.

Amerika Serikat (AS) telah menyatakan tidak terlibat dalam serangan itu.

Israel yang selama beberapa kali terlibat perang dengan Lebanon juga menyangkal memiliki peran atas ledakan Beirut.

Aparat keamanan menembakkan gas air mata pada kerumunan massa di Beirut pada Kamis malam (6/8.2020), saat publik marah dengan elit penguasa.

Saat ini Lebanon sudah mengalami krisis ekonomi sehingga ledakan yang melukai 5.000 orang itu semakin membuat marah publik.

Sejumlah orang yang beberapa melemparkan batu itu menandai kembalinya terjadi unjuk rasa yang sudah menjadi pemandangan setiap hari di Beirut. 

"Tak ada cara kami dapat membangun kembali rumah ini. Di mana negara?” tanya Tony Abdou, 60, yang sudah lama menjadi pengangguran.

Rumah keluarganya di Gemmayze, distrik yang terletak beberapa ratus meter dari pelabuhan tempat gudang penyimpanan 2.750 amonium nitrat meledak dan mengakibatkan kehancuran besar.

(*)

Artikel ini bersumber dari sindonews.com dengan judul "Lebanon Selidiki Kemungkinan Gangguan Asing dalam Ledakan Beirut",
https://international.sindonews.com/read/126418/43/lebanon-selidiki-kemungkinan-gangguan-asing-dalam-ledakan-beirut-1596802087.
Penulis : Syarifudin