Orang Terkaya ke-6 di China Diculik, Vila Mewahnya Didobrak 

Miliarder Tiongkok yang merupakan pendiri Midea Group, salah satu pembuat alat rumah tangga terbesar di dunia, telah diselamatkan dari aksi penculikan yang mendobrak vila mewahnya di China selatan pada akhir pekan lalu.

Orang Terkaya ke-6 di China Diculik, Vila Mewahnya Didobrak 
Ilustrasi miliarder/ kompas.com

RUBRIK.ID - Berita Mancanegara yang dikutip RUBRIK.ID tentang penyelamatan aksi penculikan yang terjadi pada miliarder Tiongkok. 

Aksi penculikan ke miliarder Tiongkok akhirnya berujung penyelamatan. 

Miliarder Tiongkok yang merupakan pendiri Midea Group, salah satu pembuat alat rumah tangga terbesar di dunia, telah diselamatkan dari aksi penculikan yang mendobrak vila mewahnya di China selatan pada akhir pekan lalu.

Berita ini sangat menghebohkan dan menjadi perhatian masyarakat China.

Melansir South China Morning Post, sang miliarder tersebut adalah He Xiangjian yang kini berusia 77 tahun.

Harta kekayaannya diperkirakan bernilai US$ 25 miliar dan menduduki peringkat orang terkaya ke-6 di China oleh Forbes.

Menurut laporan media setempat, dia diculik oleh para penculik yang membawa bahan peledak di rumahnya di Foshan, di provinsi Guangdong.

Putra satu-satunya, He Jianfeng, 55 tahun, dilaporkan telah menyelinap keluar dari villa dan berenang menyeberangi sungai di sebelahnya untuk memanggil polisi, menurut situs berita online TMTPost.

Polisi setempat menangkap lima tersangka sekitar pukul 5 pagi pada hari Senin, dan tidak ada yang terluka selama penangkapan, menurut pernyataan resmi polisi.

"Korban, yang bermarga He, aman," kata polisi seperti yang dilansir dari South China Morning Post.

"Biro keamanan publik di tingkat provinsi, kota dan kabupaten semuanya menaruh perhatian besar pada kasus ini setelah menerima laporan, dan dengan cepat mengirim petugas untuk bergegas ke lokasi,” katanya.

Polisi menerima laporan sekitar pukul 5.30 sore pada hari Minggu bahwa orang luar telah masuk ke kediaman He di Royal Orchid International Golf Villa, sebuah properti kelas atas yang dikembangkan oleh Midea Group yang mencakup lapangan golf 18 lubang dan pusat olahraga.

Pengembangan 336 unit terletak di distrik Shunde, sekitar satu kilometer dari kantor pusat perusahaan dan satu jam berkendara dari ibukota provinsi Guangzhou.

Mengonfirmasi insiden itu, Midea Group berterima kasih kepada polisi, media dan semua pihak setelah memposting ulang pernyataan polisi di akun resminya di Weibo, platform media sosial China yang mirip Twitter.

Dalam foto dan video yang beredar di media sosial Tiongkok, selusin petugas kepolisian terlihat mengelilingi sebuah rumah bergaya Eropa, dua lantai yang dihiasi oleh pilar-pilar Romawi marmer putih di pintu depan dan diatapi oleh atap batu bata.

Sebuah sungai kecil sekitar lima meter lebar mengalir di dekat mansion.

Penyelamatan dramatis telah membawa perhatian publik pada kekayaan menakjubkan He, yang telah mempertahankan profil yang jauh lebih sederhana daripada banyak rekan taipannya, seperti Jack Ma dari Alibaba Group dan Pony Ma Huateng, pendiri Tencent Holdings. (*) 

Artikel ini telah tayang di kontan.co.id dengan judul "Heboh penculikan orang terkaya keenam di China, ini yang terjadi..." https://internasional.kontan.co.id/news/heboh-penculikan-orang-terkaya-keenam-di-china-ini-yang-terjadi?page=all