Melacak Planet yang Tak Terlihat, NASA Akan Mengoperasikan Teleskop Baru Lebih Canggih dari Sebelumnya

Di antara luar angkasa yang tampak tak berujung, kemungkinan ada dunia tidak terhitung jumlahnya. Benda-benda misterius ini, yang disebut planet pengembara di luar angkasa yang luas.

Melacak Planet yang Tak Terlihat, NASA Akan Mengoperasikan Teleskop Baru Lebih Canggih dari Sebelumnya
Teleskop James Webb, pengganti teleskop Hubble, memiliki cermin yang lima kali lebih besar dari Hubble/liputan6.com

RUBRIK.ID - Berita Mancanegara yang dikutip RUBRIK.ID tentang di luar angkasa sana, kemungkinan ada banyak sekali planet pengembara yang sejauh ini.

Di antara luar angkasa yang tampak tak berujung, kemungkinan ada dunia tidak terhitung jumlahnya. Benda-benda misterius ini, yang disebut planet pengembara di luar angkasa yang luas.

Kemungkinan ada banyak sekali planet pengembara yang sejauh ini informasi tentangnya masih misterius.

Dengan teleskop canggih terbarunya, lembaga antariksa NASA akan punya kemampuan lebih canggih dalam mendeteksi planet semacam itu.

Di Tata Surya kita, Bumi dan planet lainnya mengorbit di Matahari, bermandikan cahayanya.

Akan tetapi planet pengembara itu tidak berhubungan dengan bintang apapun, mereka berkelana di kegelapan luar angkasa. Terlalu jauh dari sinar bintang, mereka sulit dilacak.

"Alam semesta ini bisa jadi berlimpah dengan planet pengembara dan kita tidak mengetahuinya sama sekali," kata astronom Scott Gaudi dari Ohio State University.

Namun demikian, planet pengembara mungkin tak bisa lagi bersembunyi dalam waktu lama.
Dalam beberapa tahun lagi, NASA akan mengoperasikan Nancy Grace Roman Space Telescope senilai USD 4 miliar, di mana optiknya jauh lebih baik dibandingkan teleskop Hubble.

Teleskop generasi baru ini diharapkan dapat menemukan banyak planet pengembara tersebut. "Ada beberapa planet pengembara telah terlacak, tapi untuk mendapatkan gambaran lengkap, peluang terbaik kita adalah sesuatu semacam teleskop Roman ini," cetus Samson Johnson, akademisi OSU.

Penelitian planet pengembara dipandang penting oleh NASA karena bisa jadi, planet yang mengorbit pada bintang bukanlah sesuatu yang standar di alam semesta.
"Mungkin saja justru Tata Surya kita inilah yang tidak biasa," ucap Samson.
Studi tentang planet pengembara diharapkan pula membantu ilmuwan lebih memahami bagaimana sistem planet terbentuk, berkembang ataupun bubar.
Mungkin pula dapat diketahui teori yang menyebut kemungkinan jumlah planet bisa jadi melebihi jumlah bintang.

Teleskop Roman akan mengobservasi antariksa dari atas Bumi sana, seperti yang dilakukan oleh teleskop Hubble.

Diyakini nantinya, teleskop ini dapat mendeteksi sampai ratusan planet pengembara walau hanya mengamati bagian kecil dari galaksi. (*)

Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul "Misteri Planet Pengembara Bikin NASA Penasaran" https://inet.detik.com/science/d-5146708/misteri-planet-pengembara-bikin-nasa-penasaran