Masyarakat Minta PPP Pertimbangkan Usung Anies Baswedan Jadi Capres 2024

Namun, berdasarkan aturan, yang dapat mengusung capres adalah partai politik, sehingga menurutnya dukungan ini disampaikan sejumlah masyarakat kepada PPP.

Masyarakat Minta PPP Pertimbangkan Usung Anies Baswedan Jadi Capres 2024
Anies Baswedan/tirto.id

RUBRIK.ID - Berita Nasional yang dikutip RUBRIK.ID tentang Anies Baswedan mendapat dukungan untuk bertarung di Pemilu Presiden 2024. 

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menyebut sejumlah elemen masyarakat meminta partainya untuk mempertimbangkan Anies Baswedan sebagai capres.

"Ada sejumlah elemen masyarakat yang meminta PPP agar mempertimbangkan Anies sebagai capres," kata Waketum PPP Arsul Sani, saat dihubungi pada Selasa (27/4/2021).

Arsul mengatakan sejumlah kalangan masyarakat menyampaikan dukungan pencapresan terhadap Anies.

Namun, berdasarkan aturan, yang dapat mengusung capres adalah partai politik, sehingga menurutnya dukungan ini disampaikan sejumlah masyarakat kepada PPP.

"Sejumlah kalangan masyarakat, utamanya dari segmen umat Islam, memang menyampaikan dukungan pencapresan Anies Baswedan untuk Pilpres 2024.
 
Karena yang berhak mengusung capres dan cawapres itu adalah parpol sebagai ditetapkan dalam UUD NRI Tahun 1945 dan UU Pemilu, maka kemudian kalangan masyarakat yang mendukung Anies tersebut juga menyampaikannya kepada PPP sebagai parpol Islam," kata Arsul.

Dia mengatakan menjadi kewajiban bagi partainya untuk menerima aspirasi.

Aspirasi ini nantinya akan dipertimbangkan dengan melakukan beberapa penghitungan.

"Tentu menjadi kewajiban PPP untuk menerima aspirasi tersebut dan mempertimbangkannya secara saksama dengan memperhitungkan konstelasi politik nasional secara keseluruhan," tuturnya.

Arsul menyebut PPP membuka diri untuk aspirasi masyarakat yang menyuarakan tokoh tertentu maju sebagai capres.

Aspirasi ini akan dibicarakan dengan mekanisme dan forum permusyawaratan di PPP.

"Posisi PPP sendiri saat ini memang membuka diri terhadap aspirasi dari segmen masyarakat manapun yang ingin menyuarakan tokoh tertentu untuk menjadi capres dan cawapres," kata Arsul.

"Tentu nanti pada saatnya akan dibicarakan sesuai dengan mekanisme dan forum permusyawaratan yang ada di PPP," sambungnya.

Diketahui, Anies Baswedan mendapat dukungan dari pengusaha beras asal Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Billy Haryanto, untuk bertarung di Pemilu Presiden 2024.

Billy, yang juga Wakil Ketua Umum Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras (Perpadi) Jakarta, bahkan telah mendirikan posko kemenangan di kompleks pergudangan miliknya di Sragen, Jawa Tengah.

Anies diketahui berkunjung ke Sragen, Sabtu (24/4) lalu. Kedatangan orang nomor satu di Pemprov DKI Jakarta itu untuk meninjau produksi beras di salah satu pabrik beras yang selama ini mengirim pasokan ke Jakarta.

"Iya Pak Anies sempat meninjau lokasi pabrik beras milik Pak Paryoto. Kebetulan saya mendampingi. Tadi beliau sempat melihat dan mengecek stok beras Sragen," kata Billy Haryanto, dihubungidetikcom, Senin (27/4/2021).

Menariknya, di sela kunjungan itu, Billy sempat mengajak Anies menuju GOR Billy Beras di kompleks pergudangan miliknya.

Di lokasi tersebut, Anies disambut dengan spanduk besar bertulisan 'Selamat datang Capres 2024'.

Spanduk tersebut terbentang di depan sebuah bangunan joglo. Sedangkan di bagian dalam joglo, terbentang spanduk lain bertulisan 'Joglo Kemenangan Anies Capres 2024'.

"Itu sikap pribadi saya saja. Sah saja kan toh ini belum masa kampanye," kata Billy.

Billy terang-terangan menunjukkan dukungannya kepada Anies Baswedan karena menurutnya Anies memiliki kans besar untuk menang.

Hal ini dirasa mengejutkan karena, dalam dua periode terdahulu, Billy menjadi salah satu pendukung Presiden Joko Widodo. (*)

Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul 'PPP Ngaku Diminta Pertimbangkan Usung Anies Jadi Capres' https://news.detik.com/berita/d-5549113/ppp-ngaku-diminta-pertimbangkan-usung-anies-jadi-capres