Manoj Punjabi Ceritakan Kegagalan Sebelum Kesuksesannya

Manoj percaya dengan adanya kegagalan maka kesuksesan ada di depannya. Sebab kesuksesan tidak semata-mata bisa langsung didapatkan. 

Manoj Punjabi Ceritakan Kegagalan Sebelum Kesuksesannya
Manoj Punjabi/IST

RUBRIK.ID - Berita nasional yang dikutip RUBRIK.ID tentang cerita kesuksesan Manoj Punjabi.

Artis peran dan rapper Boy William merasa penasaran apakah bos MD Entertainment Manoj Punjabi pernah mengalami kegagalan. 

Hal itu ditanyakan Boy William ketika berkunjung ke rumah bos MD Entertainment tersebut, seperti yang bisa disaksikan di kanal YouTube Boy. 

"Tentu saja saya pernah gagal. Saya suka garis ini, mengapa saya terjatuh, karena saya bisa belajar untuk membangkitkan diri lagi. That's bad man, maka saya cinta garis kehidupan yang sangat menginspirasi saya itu," jelas Manoj dalam bahasa Inggris, dikutip dari YouTube Boy William, Senin (20/7/2020). 

Manoj percaya dengan adanya kegagalan maka kesuksesan ada di depannya. Sebab kesuksesan tidak semata-mata bisa langsung didapatkan. 

"Kapan pun kita jatuh ataupun kita gagal, itulah ketika di mana selanjutnya ada kesuksesan. Itu semua hanya soal waktu," ucap Manoj. 

Boy kembali bertanya, berarti tidak apa-apa bila pernah gagal. 

"Kamu harus gagal untuk sukses. Kamu harus. Kalau tidak, kamu tidak bisa," ujar Manoj. 

Boy juga bertanya apakah saat ini Manoj masih pernah gagal. 

"Tentu saja, tetapi itu salah satu bagian dari kesuksesan saya," pungkas Manoj. 

Manoj Punjabi mendirikan rumah produksi MD Entertainment pada 2002 dengan hanya terdiri dari lima karyawan. 

Beberapa sinetron karya MD Entertainment sempat meraih popularitas tinggi di pertelevisian Indonesia, seperti Bawang Merah Bawang Putih atau Cinta Fitri. 

Kini, MD Entertainment menjadi satu-satunya rumah produksi Indonesia yang memulai masa penawaran initial public offering (IPO) alias memanfaatkan sistem saham. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Manoj Punjabi: Kita Harus Gagal untuk Sukses"