Mahasiswa Bisa Ikut Program Kampus Mengajar 2021, Dapat Uang UKT dan Biaya Hidup, Ini Syaratnya

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Nizam menjelaskan mahasiswa harus melewati seleksi jika ingin mengikuti program ini.

Mahasiswa Bisa Ikut Program Kampus Mengajar 2021, Dapat Uang UKT dan Biaya Hidup, Ini Syaratnya
Ilustrasi-Siswa Sekolah Dasar/bisnis.com

RUBRIK.ID - Berita Nasional yang dikutip RUBRIK.ID tentang Kemendikbud meluncurkan program Kampus Mengajar 2021.

Mahasiswa diminta mengajar siswa Sekolah Dasar (SD) di daerah 3T (tertinggal, terdepan dan terluar) selama satu semester.

Hal ini sesuai dengan program 'Kampus Mengajar 2021' yang diluncurkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Program tersebut dapat diikuti oleh mahasiswa dengan memenuhi sejumlah persyaratan.

Artinya tidak sembarang mahasiswa bisa ikut pendaftaran Kampus Mengajar 2021 tersebut

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Nizam menjelaskan mahasiswa harus melewati seleksi jika ingin mengikuti program ini.

Terdapat sejumlah syarat dan ketentuan yang perlu dipenuhi.

 
Mahasiswa disarankan memiliki IPK minimal 3 dan pengalaman organisasi.

"Peserta dari program Kampus Mengajar mahasiswa semester lima ke atas semua program studi, baik kependidikan, program studi umum.

Yang dibutuhkan kemampuan dan semangat untuk menjadi pendidik yang baik," katanya melalui siaran langsung di Youtube Kemendikbud RI, Selasa (9/2).

Pendaftaran Kampus Mengajar 2021 ini dibuka 9-21 Februari melalui laman https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/kampusmengajar2021.

Mahasiswa yang lolos harus mengikuti pembekalan pada 15-21 Maret dan mulai mengajar 22 Maret-25 Juni 2021.

Jika lolos menjadi peserta, mahasiswa akan diminta mengajar 6 jam per hari secara daring dan luring di SD berakreditasi C dekat domisilinya.

Bagi mahasiswa yang mengikuti program ini, pemerintah akan memberikan bantuan uang kuliah tunggal (UKT) sebesar Rp2,4 juta dan biaya hidup Rp700 ribu per bulan selama kegiatan berlangsung.

Mahasiswa yang berhasil lolos pendaftaran Kampus Mengajar 2021 ini juga mendapat nilai setara 12 satuan kredit semester (SKS) selama melaksanakan. (*)

Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul 'Syarat Pendaftaran Kampus Mengajar 2021: Minimal Semester 5'https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210209193623-20-604402/syarat-pendaftaran-kampus-mengajar-2021-minimal-semester-5