Korut Ancam Biden Tak Tidur Nyenyak Selama 4 Tahun Jika Lakukan Hal Ini

Austin juga dikabarkan bakal menuju India sementara Blinken mengadakan pembicaraan kembali di AS dengan para pejabat China.

Korut Ancam Biden Tak Tidur Nyenyak Selama 4 Tahun Jika Lakukan Hal Ini
Kim Yo Jong/liputan6.com

RUBRIK.ID - Berita Mancanegara yang dikutip RUBRIK.ID saudara perempuan Pemimpin Tertinggi Korut mengancam AS.

Saudara perempuan Pemimpin Tertinggi Korea Utara (Korut) Kim Jong-un mengancam Amerika Serikat dan Korea Selatan tidak akan hidup tenang jika terus mempertahankan kebijakan pertahanan yang mengancam mereka.

Saudara Kim Jong-un tersebut diketahui bernama Kim Yo Jong.

"Jika ingin tidur nyenyak selama empat tahun ke depan, sebaiknya tidak menciptakan hal-hal yang dari semula akan membuat Anda kurang tidur," kata Kim Yo-jong sebagaimana dilaporkan AFP, Selasa (16/3/2021).

Lalu apa sebabnya?

Hal itu disampaikan Kim Yo Jong bersamaan dengan pertemuan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin ke Tokyo, Jepang, dan Seoul, Korea Selatan (Korsel).

Austin dan Blinken memang melakukan perjalanan secara terpisah ke Asia pekan ini.

Mereka akan mengadakan pembicaraan dengan sejumlah pihak, termasuk Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga.

Setelah dari Jepang, keduanya akan melanjutkan perjalanan ke Korsel.

Austin juga dikabarkan bakal menuju India sementara Blinken mengadakan pembicaraan kembali di AS dengan para pejabat China.

Dalam sebuah opini bersama di Washington Post pada hari Senin, keduanya 'blusukan' ke Asia karena berusaha untuk menghidupkan kembali hubungan AS dengan teman dan mitra.

Kunjungan tersebut juga akan menampilkan front persatuan tentang tantangan yang ditimbulkan oleh China.

Kunjungan itu juga diperkirakan membahas Korut, terkait pengembangan nuklir.

Hubungan AS-Korut berada pada titik terendah di 2017 saat negeri Petapa itu menguji rudal jarak jauh yang di klaim mampu mencapai AS.

Kim Yo Jong (31) cukup berpengaruh di Korut. Ia aktif memberi komentar terkait kebijakan asing ke Korut sejak akhir 2020.

Ia lahir di tahun 1988. Kim Yo Jong merupakan anak terakhir Kim Jong Il dari pernikahannya dengan Ko Yong Hui, yang seorang penari berdarah Jepang.

Namanya mulai mencuat sejak Maret 2020. Saat itu, Kim Jong Un dikabarkan sakit keras, bahkan digosipkan meninggal.

Ia baru muncul saat ayahnya meninggal di 2011. Sebelumnya ia bersekolah di Swiss.

"Kim Jong Un sendiri telah mendelegasikan sebagian kewenangannya kepada Kim Yo Jong, memungkinkannya untuk mengelola urusan Korsel dan AS," kata badan mata-mata Korsel kepada anggota parlemen saat rapat tertutup, sebagaimana dikutip dari The Korean Herald 2020 lalu.

Kim Yo Jong pernah dikirim ke Korsel pada tahun 2018 sebagai utusan khusus saudara laki-lakinya.

Ia juga sempat meningkatkan ketegangan antar-Korea dengan pledakan kantor penghubung Korut-Korsel di Kaesong.

Menurut Express, ia menjadi pejabat yang ditunjuk Kim untuk mengawasi program obligasi publik negara itu.

Korut menerbitkan obligasi untuk pertama kalinya dalam 17 tahun pada bulan April 2020, di mana Kim Yo Jong bertugas memberikan laporan kepada Kim Jong Un soal obligasi tersebut.

Selain mengancam Korsel, Kim Yo Jong juga sebelumnya pernah mengkritik Donald Trump soal bantuan Covid-19. Ia memperingatkan Trump agar tak salah menilai hubungan pribadi kedua pemimpin negara. (*)

Artikel ini telah tayang di cnbcindonesia.com dengan judul 'Adik Kim Jong Un Ancam Biden Tak Bisa Tidur Nyenyak 4 Tahun' https://www.cnbcindonesia.com/news/20210316123551-4-230482/adik-kim-jong-un-ancam-biden-tak-bisa-tidur-nyenyak-4-tahun/2