Komisi I Kejar Penyelesaian Tapal Batas Kabupaten Paser dan PPU

Beberapa pekerjaan rumah masih terus dikejar oleh Komisi I DPRD Kaltim. Salah satunya yakni terkait tapal batas.

Komisi I Kejar Penyelesaian Tapal Batas Kabupaten Paser dan PPU
Ilustrasi tapal batas/ IST

RUBRIK.ID, SAMARINDA – Beberapa pekerjaan rumah masih terus dikejar oleh Komisi I DPRD Kaltim.

Salah satunya yakni terkait tapal batas.

Tapal batas yang saat ini sedang dikejar adalah tapal batas antaraKabupaten Paser dengan Kabupaten Penajam Paser Utara.

Pada Senin (15/3/2021), Komisi I melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Paser guna membahas penyelesaian tapal batas di kedua wilayah tersebut.

Sebagai informasi, yang menjadi persoalan dalam tapal batas yaitu posisi 22 desa di perbatasan Paser terhalang batas alam yakni, Sungai Telake.

Kondisi itu yang membuat warga menuntut untuk menggeser batas wilayah yang kini menjadi wilayah Paser dialihkan menjadi wilayah PPU.

"Soal tapal batas ini tentu muaranya bukan sekadar menuntaskan tapal batas antar wilayah, namun ada sejumlah persoalan yang dihadapi warga akibat kondisi yang ada. Ini yang perlu dicarikan solusinya," ungkap Yusuf, Wakil Ketua Komisi I DPRD Kaltim.

Ia jelaskan bahwa sejauh ini soal tapal batas, ada hal yang juga dikhawatirkan saat menentukkan titiknya, yaitu jangan sampai ada warga yang sepakat dan tidak sepakat dengan batas yang akan ditentukan.

“Meski demikian sambil menunggu proses, kerjasama bidang pelayanan masyarakat di kedua daerah harus dilakukan untuk mempermudah masyarakat," katanya. (advertorial)