Keren! WhatsApp Luncurkan Fitur Penghapus Pesan Otomatis 

WhatsApp akan meluncurkan fitur pesan yang dapat menghilang (Disappearing Messages) dalam waktu tertentu

Keren! WhatsApp Luncurkan Fitur Penghapus Pesan Otomatis 
Ilustrasi aplikasi WhatsApp. (blog.elevenia.co.id)

RUBRIK.ID - Berita Mancanegara yang dikutip RUBRIK.ID tentang WhatsApp fitur hapus pesan otomatis.

Aplikasi WhatsApp yang terkenal dengan penggunaanya sebagai pesan singkat, terus mengupgrade fitur-fitur terbaru untuk menambah kualitas performa apliaksi.

WhatsApp akan meluncurkan fitur pesan yang dapat menghilang (Disappearing Messages) dalam waktu tertentu.

Fitur itu diketahui masih dalam pengembangan akan akan segera tersedia secara resmi di pembaruan aplikasi mendatang.

Fitur pesan yang dapat menghilang akan tersedia untuk pengguna iOS, Android, KaiOS, dan Desktop.

Melansir WaBetaInfo, Selasa (2/11), semua pesan baru dari obrolan individu atau grup pengguna akan secara otomatis menghilang setelah jangka waktu tertentu setelah pengguna mengaktifkan fitur "Pesan Menghilang".

Dalam versi tahap pengembangan sebelumnya, pengguna diizinkan untuk memilih kapan pesan menjadi kedaluwarsa. Namun, pengembangan terbaru menunjukkan bahwa pesan akan menjadi kadaluwarsa dalam waktu 7 hari setelah pengguna mengaktifkan fitur tersebut.

Pengguna dapat mengirim pesan yang akan hilang secara otomatis dengan mengaktifkan fitur pesan sementara. Setelah diaktifkan, pesan baru yang dikirim di chat akan hilang setelah 7 hari.

Setelan itu disebut tidak akan mempengaruhi pesan yang dikirim atau diterima di chat sebelum fitur pesan sementara diaktifkan. Di chat individual, salah seorang pengguna dapat menyalakan atau mematikan fitur pesan sementara.

Di chat grup, hanya admin grup yang dapat menyalakan atau mematikan fitur pesan sementara.

Jika pengguna tidak membuka WhatsApp selama 7 hari, pesan tersebut akan hilang. Namun, pratinjau pesan mungkin masih akan ditampilkan di notifikasi sampai WhatsApp dibuka.

Ketika pengguna membalas sebuah pesan, pesan orisinal akan dikutip. Jika pesan yang dibalas adalah pesan sementara, pesan yang dikutip mungkin juga akan tetap ada di chat setelah 7 hari.

Jika pesan sementara diteruskan ke chat yang mematikan fitur pesan sementara, pesan tidak akan hilang di chat yang diteruskan. Jika pengguna membuat cadangan sebelum pesan hilang, pesan sementara akan disertakan dalam cadangan tersebut.

Pesan sementara akan dihapus ketika pengguna memulihkan dari cadangan.

WhatsApp mengingatkan pengguna untuk menggunakan fitur pesan sementara hanya dengan orang-orang yang dipercayai. Sebab, orang asing bisa meneruskan atau mengambil tangkapan layar pesan sementara dan menyimpannya sebelum pesan tersebut hilang.

Menyalin dan menyimpan isi pesan sementara sebelum pesan tersebut hilang. Kemudian, mengambil foto pesan sementara dengan kamera atau perangkat lain sebelum pesan tersebut hilang.

Secara default, WhatsApp berkata pesan yang pengguna terima di WhatsApp akan diunduh secara otomatis ke foto pengguna. Jika fitur pesan sementara dinyalakan, media yang dikirim di chat akan hilang tetapi akan disimpan pada telepon jika unduh otomatis menyala.

Pengguna dapat mematikan unduh otomatis di Setelan WhatsApp > Data dan penyimpanan. (*)

Artikel ini telah tayang di CNNINDONESIA.COM dengan judul "Fitur WhatsApp Hapus Pesan Otomatis Bisa Digunakan di Grup" https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20201103065825-185-565155/fitur-whatsapp-hapus-pesan-otomatis-bisa-digunakan-di-grup