Geger Boneka Annabelle Menghilang dari Museum, Ini Faktanya

Sebuah kabar tentang boneka Annabelle yang kabur dari Museum The Warrens' Occult di Connecticut, AS sempat menghebohkan warganet dunia, pada Sabtu (15/8).

Geger Boneka Annabelle Menghilang dari Museum, Ini Faktanya
Boneka Annabelle/IST

RUBRIK.ID - Berita mancanegara yang dikutip RUBRIK.ID tentang fakta dari boneka Anabelle yang menghilang.

Sebuah kabar tentang boneka Annabelle yang kabur dari Museum The Warrens' Occult di Connecticut, AS sempat menghebohkan warganet dunia, pada Sabtu (15/8).

Merujuk pada tangkapan layar pencarian Google yang menampilkan informasi dari sumber Wikipedia berbahasa Inggris, boneka Annabelle dikabarkan kabur pada pukul 03.00 waktu setempat, Jumat (14/8).

Kabar itu semakin menambah pesimisme warganet internasional terhadap tahun 2020 menyusul serangkaian peristiwa buruk yang menimpa berbagai belahan dunia, terutama wabah COVID-19.

Bahkan, kata "Annabelle" turut mewarnai pencarian populer di media sosial Twitter Indonesia dan pencarian di Google Indonesia.

Sebuah akun di Twitter Indonesia turut mengunggah kabar tentang boneka Annabelle yang kabur, beserta tangkapan layar hasil pencarian di Google. 

Unggahan pada Sabtu pagi itu telah mendapatkan 146 balasan, lebih 1.400 unggahan ulang, dan disukai oleh 1.500 pengguna lainnya.

Namun, benarkah boneka mistis dalam cerita rakyat Negeri Paman Sam itu benar-benar telah melarikan diri dari museum di mana Annabelle disimpan?
 

Tangkapan layar unggahan Twitter yang mengabarkan boneka Annabelle kabur dari Museum The Warrens' Occult, Connecticut AS, pada 14 Agustus 2020, waktu setempat. (Twitter)

Situs pemeriksa fakta Snopes melaporkan kabar tentang boneka Annabelle yang kabur itu adalah informasi palsu atau hoaks.

Rumor tentang boneka Annabelle yang kabur muncul setelah media The Hollywood Reporter mempublikasikan wawancara dengan aktris Annabelle Wallis yang memerankan tokoh Mia dalam film "Annabelle".

Namun dalam wawancara itu, Wallis membahas film terbarunya yang berjudul "The Silencing". Wallis juga sempat mengucapkan kata "kabur" dalam wawancara itu.

Publikasi wawancara itu lantas beredar di situs-situs media sosial berbahasa Mandarin. Hanya saja, berita tentang Wallis yang kabur itu telah disalahartikan dengan boneka Annabelle yang melarikan diri.

Ketika ANTARA menelusuri halaman Wikipedia berbahasa Inggris yang menjelaskan tentang boneka Annabelle, tampak halaman itu diperbarui pada 15 Agustus 2020, pukul 12.03 UTC atau 19.03 WIB. Dengan demikian, suntingan yang menyebut boneka supranatural itu kabur dari Museum The Warrens' Occult sudah tidak tampak lagi. (*)

Artikel ini telah tayang di antaranews.com dengan judul "Hoaks, boneka Annabelle kabur dari Museum Warren Occult"