Gedung Utama Kejaksaan Agung Terbakar, Berkas Perkata Tahanan Berhasil Diselamatkan

Burhanuddin terpantau sudah sembilan jam menunggu jalannya proses pemadaman kebakaran di gedung institusi yang dipimpinnya tersebut.

Gedung Utama Kejaksaan Agung Terbakar, Berkas Perkata Tahanan Berhasil Diselamatkan
Gedung Kejaksaan Agung Terbakar/kompas TV.com

RUBRIK.ID - Berita Nasional yang dikutip RUBRIK.ID tentang Jaksa Agung ST Burhanuddin terus memantau jalannya proses pemadaman kebakaran yang terjadi di gedung utama Kejagung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Polisi melakukan penutupan jalan dan rekayasa lalu lintas imbas dari upaya penanggulangan kebakaran Gedung Utama Kejaksaan Agung (Kejagung) RI, Jakarta Selatan.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Sambodo Purnomo menuturkan, penutupan jalan depan Kejagung dilakukan guna kelancaran proses pemadaman api.

Selain itu, berdasarkan pantauan Okezone di lokasi, Minggu (23/8/2020), Burhanuddin  terus memantau jalannya pemadaman kebakaran di gedung korps adhyaksa hingga pukul 03.30 WIB.

Burhanuddin terpantau sudah sembilan jam menunggu jalannya proses pemadaman kebakaran di gedung institusi yang dipimpinnya tersebut.

Dia memantau pemadaman kebakaran di M-Bloc Space, tepatnya di Jalan Panglima Polim, Kebayoran Baru, Jaksel. Dia tak banyak berbicara saat memantau jalannya pemadaman kebakaran Kejagung tersebut.

ST Burhanuddin menggenakan jaket putih dengan garis-garis hitam serta menggunakan masker berwarna biru. Dia duduk bersama jajarannya. Kawasan M-Bloc juga diberi garis polisi sehingga wartawan tak bisa mendekati orang nomor satu di korps adhyaksa tersebut.

Satu persatu pejabat mulai pergi meninggalkan kawasan kebakaran. Namun, Burhanuddin keukeuh terus memantau proses pemadaman api di kantornya.

mencatat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah meninggalkan lokasi kebakaran sekitar pukul 01.00 WIB dini hari. Dua jam berikutnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) juga pergi meninggalkan kawasan yang terbakar tersebut pada pukul 03.00 WIB.

Anies dan Ariza juga tampak pamit kepada Burhanuddin saat meninggalkan lokasi kebakaran. Ariza bersama Wali Kota Jaksel Marulla Matali bahkan menyambangi Burhanuddin untuk meminta izin duluan "balik kanan".

Sebelumnya, Jaksa Agung, ST. Burhanuddin menegaskan, bahwa berkas-berkas perkara dan para tahanan aman dari kobaran api yang melahap Gedung Kejaksaan Agung RI, di Jalan Sultan Hasanudin Dalam, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (22/8/2020) malam.

"Bahwa berkas-berkas perkara tidak ada di sini. Di sini adalah SPM aja, tahanan di belakang, aman. Aman semua. Jadi berkas perkara, tahanan, aman," tegas Burhanuddin kepada wartawan di lokasi kebakaran.

Namun, kata dia, jika asap kebakaran hingga ruang tahanan, maka pihaknya akan mengevakuasi para tahanan.

"Sampai saat ini kita lihat, kalau asap sampai tahanan kita evakuasi. Sampai saat ini belum, mudah-mudahan tidak ada korban, karena ini kan libur," pungkasnya. (*)

Artikel ini telah tayang di okezone.com dengan judul "Ketika Jaksa Agung Terus Pantau Pemadaman di Gedung Kejagung" https://megapolitan.okezone.com/read/2020/08/23/338/2265964/ketika-jaksa-agung-terus-pantau-pemadaman-di-gedung-kejagung?page=2