Disebut Planet Surga, Intip Fakta Mengejutkan Planet Venus

Planet Venus ternyata kondisi yang nyaris sama dengan di bumi. Hal ini menimbulkan spekulasi jika manusia bisa hidup di Venus.

Disebut Planet Surga, Intip Fakta Mengejutkan Planet Venus
Ilustrasi Planet Venus/IST

RUBRIK.ID - Berita mancanegara yang dikutip RUBRIK.ID tentang fakta Planet Venus.

Planet Venus ternyata kondisi yang nyaris sama dengan di bumi. Hal ini menimbulkan spekulasi jika manusia bisa hidup di Venus.

Dalam rangkaian tata surya kita, Venus berada paling dekat dengan matahari setelah Merkurius.

Karena dekat dengan matahari, pada siang dan malam ari, suhu di Planet Venus bisa mencapai 470 derajat celcius. Bandingkan dengan suhu di Indonesia yang rata-rata hanya mencapai 37 derajat celcius.

Planet Venus memiliki atmosfer yang kaya akan carbon dioksida (CO2) dan Nitrogen dengan ketebalan 90 kali dibandingkan yang ada di bumi.

Manusia sudah beberapa kali mengirimkan misi ke Venus. Namun misi itu selalu gagal lantaran lapisan asam sulfat yang menyelimuti Venus.

Awan yang memantulkan radiasi ini menciptakan efek rumah kaca yang tak terkendali. Kondisi inilah yang menyebabkan suhu Venus sangat panas.

Namun tahukan Anda jika di puncak awan planet Venus, suasana jauh lebih nyaman dibandingkan di permukaan.

Di sini, tekanan atmosfernya nyaris sama dengan bumi. Di sini terdapat karbon, oksigen, dan molekul yang kaya akan nitrogen.

Balon udara seperti Zeppelin bahkan dapat terbang di awan Venus ini. Di atas puncak awan, Venus disebut sebagai 'planet surga'.

Badan antariksa NASA mengusulkan misi untuk pemukiman di awan Venus dengan nama program High Altitude Venus Operational Concept (HAVOC).

Dalan akun YouTube NASA Langley Research Center juga telah memposting video yang berjudul 'A way to explore Venus'.

Dalam penjelasannya, misi HAVOC atau High Altitude Venus Operational Concept akan menempatkan kapal roket ringan yang diisi udara dan akan membantu astronot.

"Eksplorasi Venus adalah tantangan tidak hanya karena atmosfernya yang seperti asam sulfat seperti kabut asap, tetapi juga suhu permukaannya yang sangat panas dan tekanan udara yang sangat tinggi di permukaannya," tulis NASA.

Berikut Fakta-fakta menarik tentang Planet Venus

1. Memiliki waktu harian terpanjang dibanding planet lainnya

Venus memiliki waktu harian yang terpanjang dibandingkan planet lainnya. Satu hari bisa sama dengan satu tahun di bumi.

Jadi, jika Anda hidup di Venus, bisa merayakan dua hari ulang tahun dalam hari yang sama. Untuk bisa mencapai Venus, sebenarnya hanya dibutuhkan selama 100 hari.

2. Sulit Mendarat di Venus

Jika ingin mendaratkan pesawat di Venus, harus berpikir dua kali. Bisa dibilang, hal itu sangat mustahil dilakukan.

Seluruh permukaan planetnya secara permanen diselimuti oleh awan tebal yang terbuat dari sulfur dioksida yang beracun.

Setiap kali ada benda asing yang akan mendarat di permukaan Venus, langsung akan dihempas angin dengan kecpatan 220 mph.

Tak sampai di situ, benda asing juga akan memasuki udara beracun.

Awan di Venus akan menghasilkan hujan asam sulfur. Namun karena atmosfernya yang sangat panas, hujan tersebut akan menguap di udara. Hal itu menyebabkan terbentuknya udara beracun asam sulfur setebal 10 mil.

3. Suhu Panas

Jika berhasil menembus lapisan atmosfer Venus yang beracun, rintangan semakin besar. Setiap benda asing akan dihadang oleh temperatur dan tekanan gaya yang sangat mematikan.

Temperatur udara akan mencapai 600 derajat Fahrenheit dan tekanannya akan 10 kali lebih kuat daripada tekanan di dalam laut bumi.

Jika berhasil mendarat di permukaan Venus, tekanan udaranya lebih kuat lagi hingga mencapai 92 kali lebih kuat dari sebelumnya.

4. Venus Sangat Gelap

Meski berdekatan dengan matahari, namun hanya sedikit cahaya yang sampai ke Venus.

Cahaya matahari akan dipantulkan hampir 90 persen kembali ke matahari. Hal ini menyebabkan suasana di Venus sangat gelap.

Selain itu, Venus tidak miring mengikuti axis rotasinya. Hal ini berdampak pada siang dan malam yang memiliki temperatur yang sama sepanjang tahun.

5. Mengaktifkan Kanker

Sebelum melakukan perjalanan ke Venus, seseorang harus menyiapkan perbekalan yang memadai.

Perbekalan itu meliputi, oksigen sampai makanan minuman. Selama berada di Venus, seseorang membutuhkan suplai oksigen yang terus menerus. 

Atmosfer Venus terdiri dari 96 persen karbon dioksida dan 3,5 persen nitrogen, sedangkan kurang dari 1 persennya adalah karbon monoksida, argon, sulfur dioksida dan uap air.

Jadi ada risiko besar kerusakan sel tubuhmu serta aktifnya kanker. Venus gak memiliki medan magnet sebagaimana yang kita tahu jadi ia akan dibombardir oleh energi radiasi kosmik yang sangat besar.

6. Tubuh Jadi Ringan

Selama berada di Planet Venus, tubuh manusia akan lebih ringan 10 persen dibanding jika berada di bumi. (*)

Artikel ini telah tayang di tribunnews.com dengan judul "Fakta-fakta Planet Venus, Planet Beracun dan Mematikan"