Dinilai Kinerja Tak Meningkat, Presiden Jokowi Dikabarkan Akan Mengganti Sebagian Menterinya 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka opsi mengganti menteri yang dinilai kinerjanya tak meningkat selama menghadapi krisis karena pandemi Covid-19.

Dinilai Kinerja Tak Meningkat, Presiden Jokowi Dikabarkan Akan Mengganti Sebagian Menterinya 
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama para jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju/cnnindonesia.com

RUBRIK.ID - Berita Nasional yang dikutip RUBRIK.ID tentang Kabar Presiden Joko Widodo mengganti sejumlah menteri di Kabinet Indonesia maju kembali muncul.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka opsi mengganti menteri yang dinilai kinerjanya tak meningkat selama menghadapi krisis karena pandemi Covid-19.

Sejumlah nama pun diisukan muncul untuk masuk menggantikan menteri tersebut kedalam kabinet Indonesia Maju.

Terbaru dikabarkan oleh Wakil Ketua Umum Partai Gerindnra Arief Puyono, namun belum dipastikan siapa saja menteri yang dicopot.

Namun, kabar lebih jelas disampaikan oleh Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S. Pane yang mengatakan Presiden Jokowi bakal mencopot 11 hingga 18 menteri.

“Demikian informasi yang diperoleh IPW dari berbagai sumber. Sedikitnya ada 11 hingga 18 anggota kabinet yang akan bergeser dan berganti,” ucap Neta seperti dikutip dari pojoksatu.id.

Adapun Menteri yang siap dibuang oleh Jokowi adalah Menteri Perhubungan, Menteri Koperasi, Menkumham, Menpora, Mendikbud, Menteri Pariwisata, Menteri Perdagangan, Menaker, Mensos, Menteri Kominfo, Menkes, Menteri Perindustrian, Meneg BUMN, Menteri Agama, Kepala Bulog.

Neta bahkan menjelaskan, reshuffle kabinet dilakukan setelah pergantian Panglima TNI.
Pasalnya, kata Neta, Marsekal Hadi Tjahjanto disebut-sebut bakal masuk ke dalam jajaran kabinet kerja periode kedua.

Yang menarik, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang telah ditunjuk sebagai leading sektor guna membangun food estate, dalam reshuffle nanti kemungkinan besar bakal digeser posisinya sebagai Menteri Pertanian.

“Beredar kabar bahwa setelah digantikan Jenderal Andika Perkasa, Panglima TNI Hadi Tjahjanto akan menjadi Menteri Pertahanan, meski ada pula yang menyebutkan Hadi akan menjadi Menteri Perhubungan,” jelas Neta.

Selain Hadi, terdapat nama baru yang dikabarkan bakal masuk dalam kabinet yaitu Agus Harimurti Yudhoyono dan Sandiaga Uno. Neta menambahkan, kemungkinan menteri dari unsur kepolisian bakal bertambah pasca reshuffle nanti. (*)

Artikel ini telah tayang di justice.co dengan judul "Jokowi Mau Rombak Kabinet, Ini 18 Menteri yang Akan Dicopot" https://www.law-justice.co/artikel/91620/jokowi-mau-rombak-kabinet-ini-18-menteri-yang-akan-dicopot/