Diikuti 3 Negara ASEAN, Pangdam VI/ Mulawarman Tinjau Langsung Latihan Militer di Tarakan

Diikuti 3 Negara ASEAN, Pangdam VI/ Mulawarman Tinjau Langsung Latihan Militer di Tarakan
Diikuti 3 Negara ASEAN, Pangdam VI/ Mulawarman Tinjau Langsung Latihan Militer di Tarakan

RUBRIK.ID - Latihan bersama (Latma) Indomalphil Middleland Exercise 2019 di Juata Krikil, Tarakan, Kalimantan Utara ditinjau langsung oleh Panglima Kodam VI/Mulawarman (Mlw), Mayjen TNI Subiyanto.

\n

Dalam latihan itu, sejumlah materi latihan ditampilkan.

\n

Beberapa diantaranya Serbuan Permukiman (Sermukim), Fastropping dan penembak runduk yang dilakukan oleh anggota Yonif Raider 613/Raja Alam (Rja).

\n

Materi tersebut merupakan rangkaian dari materi latihan bersama, yang diikuti Observer Angkatan Darat Malaysia dan Observer Angkatan Darat Philippines, serta hadir pula sebagai pengamat dari Singapura dan Brunei Darussalam.

\n

Pangdam mengatakan, latihan bersama Indomalphil Middleland Exercise 2019, latihan bersama ini merupakan kerjasama ketiga Kementrian Pertahanan dari negara-negara tersebut.

\n

Tujuan dari Latma ini untuk menjalin kerjasama, terlebih dikarenakan banyaknya gangguan di perbatasan antara Indonesia, Malaysia dan Philippines.

\n

Latma ini sifatnya hanya sebagai desain awal, yang nantinya akan digunakan pada latihan-latihan bersama selanjutnya.

\n

"Latma ini sudah siap, karena sudah dilaksanakan Pra Latma, maka pada saat akan ditampilkan dan dilihat oleh para pengamat dari beberapa negara, mereka sudah paham bagaimana pelaksanan kegiatan latihan terkoordinasi dengan baik," ucap Pangdam melalui siaran pers Penerangan Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN), Selasa (6/8/2019).

\n\n

"Kita sadar bahwa ketiga negara ini mempunyai musuh yang sama, yakni penculikan, serta peredaran narkoba, maka latihan bersama ini merupakan tindak lanjut dari kejadian-kejadian tersebut. Dengan harapan kedepan dapat mengatasai bersama-sama masalah yang ada di perbatasan," sambungnya.

\n

Pada kesempatan ini juga ditampilkan oleh anggota Yonif Raider 613/Rja penembak runduk menggunakan senjata SPR3 buatan Pindad, dengan amunisi kaliber 7,62 mm, dengan jarak bidik 600 meter.

\n

Disamping kunjungan Pangdam VI/Mlw, Kementrian Pertahanan RI juga ikut dalam kegiatan tersebut, yang diwakilkan Dirkesin Ditjen Strahan Kemhan RI Brigjen TNI I Putu Eka Asmara Putra. (*)