Dicek Wali Kota, Per 1 April Alat GeNose Bakal Difungsikan di APT Pranoto Samarinda

Pada Minggu (28/3/2021) kemarin, pengecekan alat GeNose di Bandara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto dilakukan Wali Kota Samarinda, Andi Harun. 

Dicek Wali Kota, Per 1 April Alat GeNose Bakal Difungsikan di APT Pranoto Samarinda
Wali Kota Samarinda, Andi Harun saat lakukan tes GeNose di APT Pranoto Samarinda/ Humas Pemkot Samarinda

RUBRIK.ID, SAMARINDA - Pada Minggu (28/3/2021) kemarin, pengecekan alat GeNose di Bandara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto dilakukan Wali Kota Samarinda, Andi Harun. 

Pengecekan alat GeNose itu dilakukan di Ruang Klinik Bandara APT Pranoto Samarinda. 

Ia pun sampaikan syukur karena Samarinda bisa lakukan deteksi Covid-19 denga alat GeNose itu. 

"Ya, kami harap ini bisa menjadi solusi untuk deteksi Covid-19 di Samarinda," ujarnya. 

Di pihak lain, Kepala Bandara APT Pranoto Agung menerangkan, akan melakukan sistem status prioritas antrian calon penumpang yang ingin melakukan tes. 

"Jadi kita  mapping seluruh 7 penerbangan keberangkatan, terdapat selisih waktu yang sedikit antara jam ke - 2 dan jam ke - 5. Nah, daripada menumpuk, kita akan buat kartu merah, kuning, dan hijau," terang Agung. 

Kartu berwarna merah sendiri ialah pasien yang jadwal penerbangannya yang terdekat dan itu perlu didahulukan. Dilanjutkan oleh warna kuning dan hijaunya. 

"Jadi ada skala priorotas berdasarkan kondisi penumpang dan keberangkatan," ujarnya. 

Sementara itu, Direktur Klinik Media Farma dr Ani Widiastuti menjelaskan alat test GeNose mengunakan sistem pernapasan sama dengan rapid test ataupun test antigen.

“Sebelum melakukan test menggunakan alat Genose, 30 menit sebelumnya diharapkan tidak meminum teh, kopi, rokok agar hasil tesnya akurat,” ungkap Ani.

Pelayanan tes skrining Covid – 19 menggunakan GeNose di APT Pranoto Samarinda akan dimulai pada 01 April 2021 ini. Terdapat 4 unit GeNose yang akan dikeluarkan dan 3 unit cadangan. (advertorial)