Data Penting Hilang? Ini Tips Kembalikan File yang Terhapus di Google Drive

Mengembalikan file yang dengan terhapus adalah masalah yang sering dialami ketika mengoperasikan peranti, baik pada komputer maupun HP.

Data Penting Hilang? Ini Tips Kembalikan File yang Terhapus di Google Drive
ilustrasi/ gadgetren.com

RUBRIK.ID - Berita Nasional yang dikutip RUBRIK.ID tentang kembalikan data yang terhapus di Google Drive.

Mengembalikan file yang dengan terhapus adalah masalah yang sering dialami ketika mengoperasikan peranti, baik pada komputer maupun HP.

Anda mungkin saja tak sengaja menghapusnya atau tak menyadari bahwa file yang dihapus berisikan data penting.

Tak perlu khawatir atau buru-buru memanggil ahli IT untuk mengembalikan file yang terhapus.

Apabila file tersebut berada di Google Drive, pengguna dapat mengembalikannya (restore) sendiri tanpa memakan waktu lama.

Mirip dengan fitur Recycle Bin pada komputer atau PC, fitur dalam Google Drive bisa mengembalikan file yang telanjur masuk 'tong sampah' itu.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Google Drive

1. Buka Google Drive
Langkah pertama login akun google masing-masing, kemudian pengguna perlu mengakses Google Drive dengan mengetikkan https://drive.google.com/ di kolom pencarian alamat di masing-masing browser.

2. Klik menu Trash atau sampah
Setelah tampilan layar berubah pada homepage Google Drive, pengguna dapat memilih satu dari enam menu yang terletak di bilah kiri. Pilih menu 'Trash' atau 'Sampah', maka akan muncul beberapa file yang telah pengguna hapus di bilah sebelah kanan.

3. Pulihkan File yang Terhapus
Setelah pengguna menemukan file yang dimaksud, maka selanjutnya klik kanan pada file tersebut dan pilih 'Restore' atau 'Pulihkan', Google Drive akan memproses perintah dan silahkan lihat bagian kiri bawah.

Akan muncul dua menu perintah, yakni 'Temukan' dan menu 'Urung', selanjutnya silahkan pilih menu temukan.

Selain itu, pengguna juga dapat mengembalikan file yang telah dihapus dengan cara sekaligus atau tidak harus satu per satu.

Bagi pengguna Google Drive versi PC silakan tekan Ctrl sembari klik setiap file yang ingin dikembalikan, kemudian klik kanan dan pilih 'Restore' atau 'Pulihkan'.

Sedangkan bagi pengguna Google Drive yang mengakses lewat smartphone, silahkan pilih beberapa file dengan tahan dan setelah itu tap ikon titik tiga vertikal yang ada di kanan atas kemudian pilih 'Restore' atau 'Pulihkan'.

4. Temukan File di Menu 'My Drive'
Setelah pengguna mematuhi tahap awal hingga akhir, file yang telah dikembalikan tersebut dapat ditemukan di menu 'My Drive', pengguna dapat mengunduh file tersebut sebagai backup di PC ataupun membiarkannya saja.

Catatan sebelum Menghapus File di Google Drive

Kendati demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam upaya mengembalikan file di Google Drive yang terlanjur dihapus.

Salah satunya, pastikan file yang terhapus belum sampai batas waktu maksimal 25 hari.

Jika lebih dari itu, maka Google Drive tidak akan mengembalikan data, kecuali pengguna menerapkan kebijakan Google Vault tambahan.

Selain itu, data yang telah permanen dihapus oleh pengguna, baik di menu 'My drive' maupun menu 'Trash' atau 'Sampah', maka otomatis tidak bisa dikembalikan.

Pasalnya file yang sudah terhapus secara permanen sudah terhapus dari server Google Drive.

Dan hal penting yang perlu diingat, semua file yang berada di folder sampah juga memakan ruang media pada akun Google Drive pengguna.

Oleh sebab itu, ada baiknya jika pengguna sering melakukan 'bersih-bersih' file, untuk memastikan ruang penyimpanan di Google Drive tidak terpakai secara sia-sia.

Cara mengembalikan file yang terhapus di Google Drive yang telah diulas, dapat dijadikan panduan bagi pengguna saat berada di tengah situasi serupa.

Tentunya pengguna tak ingin mengalami kehilangan file penting secara sepele hanya karena tidak sengaja.

Maka selalu rapikan file di tiap-tiap folder yang ada di dalam Google Drive.

Upaya tersebut dapat mengantisipasi file berantakan yang menyebabkan pengguna tak sengaja menghapus beberapa file yang dianggap penting. (*)

Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul "Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Google Drive"