Cegah Corona, Ini Cara Presiden Rusia Lindungi Dirinya

Presiden Rusia, Vladimir Putin punya cara tersendiri untuk melindungi dirinya ditengah pandemic Covid-19.

Cegah Corona, Ini Cara Presiden Rusia Lindungi Dirinya
Presiden Rusia, Vladimir Putin/IST

RUBRIK.ID – Berita Mancanegara yang dirangkum RUBRIK.ID tentang cara Presiden Rusia, Vladimir Putin untuk melindungi dirinya dari virus corona atau Covid-19.

Presiden Rusia, Vladimir Putin punya cara tersendiri untuk melindungi dirinya ditengah pandemic Covid-19.

Vladimir Putin dikabarkan memiliki terowongan desinfektan di rumahnya.

Menurut kantor berita Rusia Ria Novosti dikutip dari cnbcindonesia.com, Selasa (16/06/2020),alat tersebut digunakan Putin untuk melindunginya dari virus corona

Dari video tersebut menunjukkan bagaimana cara kerja terowongan yang telah dipasang di kediaman presiden di Novo-Ogaryovo. Siapa pun yang memasuki kediaman harus melewati ruangan desinfektan hingga menutupi pakaian dan area tubuh yang terbuka.

Kediaman Putin itu terletak tepat di luar Moskow dan dilaporkan lebih disukai oleh presiden sebagai kantor kerja jarak jauh untuk menghindari kemacetan lalu lintas di ibukota.

Dia mengasingkan diri sejak bulan April ketika para pejabatnya didiagnosis terinfeksi Covid-19, termasuk kepala rumah sakit utama khusus coronavirus di negara itu, lalu Perdana Menteri Mikhail Mishustin dan tak lama kemudian,juru bicaranya Dmitry Peskov. 

Pada bulan April, Peskov mengatakan bahwa siapa pun yang bertemu dengan presiden harus mengikuti tes Covid-19 terlebih dahulu.

Rusia memiliki jumlah kasus virus corona tertinggi ketiga di dunia, dengan 544.725 kasus yang dilaporkan, menurut Johns Hopkins University.  Jumlah kematian akibat virus corona di negeri tersebut  mencapai 7.274 kasus.

Meskipun tingkat kasus harian baru tetap tinggi, lockdown yang diterapkan pada bulan Maret telah dicabut demi menyambut acara pameran tahunan perangkat militer pada 24 Juni mendatang dan momen referendum bersejarah mengenai perubahan konstitusi  pada 1 Juli yang akan memungkinkan Presiden Vladimir Putin mencalonkan diri untuk masa jabatan berikutnya.

Juru bicara Putin Dmitry Peskov mengatakan kepada CNBC  Internasional pekan lalu bahwa pencabutan lockdown adalah tepat mengingat tingkat infeksi baru menurun. Meskipun cukup lambat, Peskov mengatakan jumlah infeksi berkurang dari hari ke hari, dan tidak ada lagi bahaya yang membuat sistem perawatan kesehatan Rusia kewalahan.

 "Sekarang kita dapat yakin bahwa kita memiliki sejumlah besar tempat tidur, sejumlah besar ventilator, dan semua bahan pelindung yang dibutuhkan, jadi kita siap untuk setiap perkembangan dalam hal pandemi," katanya.

 

Artikel ini telah tayang di cnbcindonesia.com dengan judul “Takut Corona, Putin Pasang Terowongan Disinfektan Pribadi” https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20200617153551-33-166072/takut-corona-putin-pasang-terowongan-disinfektan-pribadi