Buat Kamu yang Memiliki Smartphone Jadul Jangan Dibuang, Manfaatkan untuk 5 Poin Ini

Jika memiliki smartphone jadul atau yang tidak terpakai, lebih baik gunakan HP itu jadi 5 hal yang memiliki nilai guna daripada membuangnya

Buat Kamu yang Memiliki Smartphone Jadul Jangan Dibuang, Manfaatkan untuk 5 Poin Ini
Ilustrasi/jurnalapps.co.id

RUBRIK.ID - Berita Nasional yang dikutip RUBRIK.ID tentang manfaat smartphone jadul.

Barang-barang elektronik yang sudah lama tidak terpakai ternyata bisa memberikan maanfaat bagi pemiliknya loh, diantaranya smartphone jadul.

Jika memiliki smartphone jadul atau yang tidak terpakai, lebih baik gunakan HP itu jadi 5 hal yang memiliki nilai guna daripada membuangnya.

Dilansir dari India Times, berikut 5 cara mudah untuk membuat smartphone lama berguna.

1. Jadikan kamera keamanan

Instal aplikasi IP Camera di Google Play Store, lalu letakkan ponsel di mana pun Anda inginkan untuk mengawasi situasi sekitar. Kemudian, pastikan ponsel terhubung ke internet.

Dengan begitu, pengguna cukup masuk ke alamat IP yang diberikan aplikasi pada browser untuk melihat situasi secara langsung.

2. Navigasi GPS di mobil

Jika sering berkendara melewati banyak daerah, smartphone bekas sangat berguna. Cukup mengunduh Google Maps versi offline dan pastikan memiliki post USB di mobil untuk mengisi daya perangkat serta dudukan ponsel. Ponsel lama kini disulap menjadi perangkat khusus untuk menavigasi tanpa harus menggunakan ponsel baru yang dimiliki sekarang.

3. Gunakan ponsel sebagai hotspot portabel

Smartphone lama bisa dijadikan hotspot portabel dengan mengaktifkan kartu SIM di dalamnya. Pengguna bisa tetap terhubung seperti router ketika berada di dalam ruangan dan menggunakannya saat sedang bepergian.

4. Gunakan ponsel sebagai pengontrol nirkabel atau controller untuk PC

Jika telah menghubungkan PC ke proyektor dan terlalu malas menggunakan keyboard dan mouse, silakan menginstal aplikasi pihak ketiga yang disebut Unified Remote pada smartphone lama.

Aplikasi ini akan memasangkan smartphone dengan laptop menggunakan Wi-Fi dan Bluetooth. Dengan cara ini, smartphone bisa berfungsi sebagai kendali jarak jauh untuk melakukan hal-hal seperti menyesuaikan volume atau bahkan menggunakan layar sentuh sebagai trackpad.

5. Gunakan ponsel menjadi media player

Tak kalah asyik, ponsel lama bisa dijadikan media player khusus sehingga tidak memenuhi perangkat baru. Selain itu, Anda bisa ikut menghemat pemakaian baterai pada perangkat baru yang dipakai. Pengguna dapat mengisi lagu di Google Play Music, Amazon Prime Video, atau layanan streaming lainnya. (*)

Artikel ini telah tayang di ayobandung.com dengan judul "Jangan Buang, Manfaatkan Ponsel Jadul Kamu Jadi 5 Hal Ini!" https://ayobandung.com/read/2020/06/22/97557/jangan-buang-manfaatkan-ponsel-jadul-kamu-jadi-5-hal-ini