Atasi Krisis Ekonomi dan Kesehatan, Presiden Jokowi Meminta Semua Kalangan Harus Bergerak Cepat

Ketika krisis kesehatan tersebut berdampak pada perekonomian nasional, kita juga harus cepat bergerak. Sesuatu yang tidak mudah

Atasi Krisis Ekonomi dan Kesehatan,  Presiden Jokowi Meminta Semua Kalangan Harus Bergerak Cepat
Presiden Joko Widodo/fin.co.id

RUBRIK.ID - Berita Nasional yang dikutip RUBRIK.ID tentang Presiden Joko Widodo mengakui tak mudah mengatasi krisis kesehatan dan ekonomi akibat Covid-19.

Perekonomian Indonesia mengalami kontraksi pada kuartal II-2020. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, Pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) minus 5,32 %. Ini merupakan level terendah dalam 17 tahun terakhir.

Presiden Joko Widodo mengakui tak mudah mengatasi krisis kesehatan dan ekonomi akibat Covid-19.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi dalam Sidang Tahunan MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020). "Semuanya harus dilakukan secara cepat, dalam waktu yang sangat singkat.

Ketika krisis kesehatan tersebut berdampak pada perekonomian nasional, kita juga harus cepat bergerak. Sesuatu yang tidak mudah," kata Jokowi.

 Ia menyatakan, banyak hal yang sudah dilakukan pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19.

Pada tahap awal, pemerintah berupaya keras memulangkan WNI yang berada di Wuhan, China.

Kala itu, Wuhan menjadi episentrum pertama penularan virus corona.

Berikutnya, krisis kesehatan berdampak pada perekonomian sehingga pemerintah harus menyalurkan sejumlah bantuan sosial ke masyarakat.

Selain itu, pemerintah juga harus membantu para pekerja yang terkena PHK.

 Kendati demikian, Jokowi berterima kasih kepada seluruh lembaga tinggi negara yang bersama-sama pemerintah telah bekerja menangani krisis akibat Covid-19.

"Kita beruntung dan berterima kasih atas dukungan dan kerja cepat dari pimpinan dan anggota lembaga negara, yang melalukan langkah-langkah extraordinary dalam menangani krisis ini," kata Jokowi. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi Akui Tak Mudah Atasi Krisis akibat Covid-19" https://nasional.kompas.com/read/2020/08/14/11301011/jokowi-akui-tak-mudah-atasi-krisis-akibat-covid-19.