BNPB Kirim Bantuan Logistik Desa Mangunkerta Gunakan Trail

by -13 Views

CIANJUR, RUBRIK.ID –BNPB turut menyalurkan bantuan logistik kepada warga Desa Mangunkerta, Kecamatan Cugenang pada Sabtu (26/11).

Adapun bantuan logistik tersebut meliputi 30 paket kebersihan, 90 buah matras dan 300 buah selimut.

Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Cugenang, Hari mengatakan sampai saat ini penyaluran bantuan logistik masih dilakukan menggunakan sepeda motor trail.

“Di sini jalanan sempit dan banyak sekali kendaraan yang menyalurkan bantuan, sehingga kami menggunakan motor trail untuk memberikan bantuan secara berkala,” jelas Hari saat ditemui di Kantor Camat Cugenang, Sabtu (26/11).

Hari turut mengatakan, kondisi Kecamatan Cugenang sering mengalami pemadaman listrik karena gangguan jaringan akibat tanah longsor.

“Pihak PLN telah berupaya sangat keras untuk membantu pemenuhan listrik, namun saat ini memang jaringannya masih terganggu karena tanah longsor,” tutur Hari.

Untuk itu, genset menjadi peralatan yang sangat dibutuhkan.

“Kami sangat membutuhkan genset, jika ada pemadaman listrik seperti sekarang, kami tetap bisa melakukan pendataan dan koordinasi,” ujarnya.

Selain itu, Hari mengungkapkan kebutuhan mobil pick up untuk melakukan distribusi bantuan.

“Saat ini sering hujan di sore hari, cukup menghambat distrisbusi bantuan jika menggunakan motor trail, jadi kami membutuhkan mobil pick up agar distribusi bisa berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Dalam hal pemenuhan kebutuhan pangan bagi warga terdampak di Kecamatan Cugenang, Hari melaporkan terdapat beberapa dapur umum yang didirikan di Desa Cijedil, Lapangan Cicariu-Mangunkerta, Desa Gasol dan Sukamanah.

Adapun untuk Desa Mangunkerta sendiri, dapur umum belum didirikan karena para warga setempat melakukan kegiatan memasak mandiri di tempat tinggal masing-masing.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB melaporkan per Jumat (25/11), pukul 18.00 WIB, terdapat 73.525 jiwa mengungsi dan tersebar di 16 kecamatan akibat gempa bumi yang mengguncang wilayah Cianjur, Jawa Barat, dengan magnitudo (M)5,6 pada Senin (21/11) lalu.

Salah satu kecamatan yang terdampak signifikan adalah Kecamatan Cugenang. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menyalurkan bantuan logistik dan peralatan dalam mendukung pemenuhan kebutuhan para warga terdampak. Per hari ini, Sabtu (26/11) BNPB kembali menyebarkan bantuan logistik ke 16 kecamatan terdampak berupa tenda pengungsi sebanyak 30 unit, tenda gulung 1.000, sembako 2.000 paket, selimut 5.000, matras 5.000 dan hygiene kits 2.000. (R3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.