Indomaret ūüÜö Alfamart, Siapa Lebih Kaya?

by

RUBRIK.ID–Indomaret dan Alfamart merupakan dua jaringan ritel terbesar di Indonesia. Tak jarang jarang antar kedua toko tersebut berdampingan dalam jarak yang tak terlalu jauh.

Kedua toko puluhan ribu gerai di seluruh Indonesia. Jaringan yang tersebar luas tersebut tentunya membuat para pemiliknya tercatat sebagai orang terkaya di Indonesia.

Lalu siapa yang lebih kaya, antara pemilik Indomaret atau Alfamart?

Indomaret, merupakan jaringan ritel milik pengusaha ternama Anthoni Salim. Kepemilikan Anthoni di gerai ritel ini melalui perusahaan PT Indoritel Makmur International Tbk (DNET).

Anthoni Salim merupakan orang di balik besarnya perusahaan jaringan retail Indomaret. Selain itu di juga merupakan sosok di balik besarnya bisnis mie instan Indofood, salah satu produsen mie instan Indomie terbesar di Tanah Air.

Berdasarkan laporan dari Forbes, Anthoni Salim dan Keluarga memiliki total kekayaan hingga US$ 8,5 miliar atau setara dengan Rp 127,5 triliun (berdasarkan kurs dolar saat ini, Rp 15.000/dolar AS).

Berkat Indomaret, Anthoni Salim dan Keluarga sekarang ini berada di posisi ke-3 dalam daftar orang terkaya RI versi Forbes, tepat di bawah R Budi & Michael Hartono, serta keluarga Widjaja.

Lalu Alfamart, pemiliknya adalah Djoko Susanto. Nama perusahaan yang menjadi perantara kepemilikan Djoko adalah PT Sumber Alfaria Trijaya Tbkk (AMRT).

Djoko juga termasuk salah seorang terkaya di Indonesia. Forbes mencatat harta kekayaannya mencapai US$ 1,45 miliar atau setara Rp 21,75 triliun.

Saat ini pengelolaan Alfamart dilakukan oleh edua anak Djoko yakni Feny Djoko Susanto sebagai Presiden Komisaris, dan Budi Djoko Susanto sebagai Komisaris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.