PSM Makassar Rayu Pellu Kembali

by -86 Views

RUBRIK.ID— PSM Makassar dikabarkan ingin memulangkan eks gelandang jangkarnya, Rizky Pellu, dari Bali United. Kedua klub sudah menjalin komunikasi.

Hal ini dipastikan oleh Direktur Utama PT PSM Makassar, Munafri Arifuddin. Menurutnya, komunikasi dengan manajemen Bali United sudah dilakukan. Hanya saja, Bali belum memberikan jawaban secara pasti.

”Komunikasi tentu sudah kami lakukan dengan klubnya. Tetapi mereka belum kasih jawaban pasti, karena Pellu kan memang masih ada kontrak di sana, jadi kami hormati itu,”terangnya.

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Appi itu mengatakan, sejauh ini PSM memang masih butuh tambahan amunisi. Sebab, sejumlah pemain juga masih mengalami cedera dan berpotensi digantikan dalam daftar skuad Liga 1 musim ini.

”Kami akan upayakan datangkan pemain lagi supaya tercukupi. Karena kan ada pemain yang cedera juga, bisa digantikan dulu karena tidak bisa bermain,” jelasnya.

Menanggapi hal ini, Manager Bali United Michael Immanuel Gerald menegaskan, belum ada permintaan resmi yang diajukan oleh PSM Makassar. Sehingga, bisa saja kabar tersebut hanya rumor semata.

”Sampai saat ini sih belum ada permintaan resmi dari PSM yang masuk, mungkin rumor saja. Kalau pun ada, kami juga agak berat lepas Pellu, karena dia kan sering jadi andalan pelatih juga dan gelandang kami memang cukup. Jadi gak ada penambahan atau pengurangan di klub,” jelasnya.

Sebenarnya, ide mendatangkan Pellu merupakan hal bagus. Meskipun permintaan yang dilayangkan hanya sebatas peminjaman, tetapi eks tandem Marc Klok tersebut sudah cukup lama berseragam PSM.

Pemain kelahiran Tulehu, 26 Juni 1992 itu pernah berseragam PSM. Dia didaratkan ke Mattoanging pada pertengahan musim 2015/2016, tepatnya pada 15 Maret 2016 lalu.

Dia membela pasukan ramang selama lima musim, dalam rentang 2016 sampai 2020. Bersama PSM Pellu sudah mengoleksi 117 laga catatan 9.122 menit bermain. Pemain berpostur 177 cm itu juga sudah mencetak 16 gol dan 7 asisst.

Meski begitu, Pellu sendiri mengaku belum mendapat penawaran dari PSM. ”Saya belum tahu bang. Saya tidak tahu bagaimana ngomongnya juga bang,” kata Pellu.

Performa Pellu sendiri cukup impresif bersama Serdadu Tridatu. Pada musim pertamanya saja, pemain 30 tahun itu dipercaya dalam 27 laga di Liga 1. Musim lalu dia berkontribusi 1 gol dan 1 asisst. Secara total, Pellu sudah mengoleksi 38 laga, 2 gol, dan satu assist di semua ajang kompetisi.

Selain itu, dia juga sudah menorehkan 13 shot dengan tujuh diantaranya on target, 413 kali dengan 362 diantaranya berujung sukses, 24 intersep, 6 clearance dan mengoleksi 5 kartu kuning.

Pemilik nomor punggung 19 itu juga kerap dipercaya memainkan peran berbeda. Dia diturunkan sebagai gelandang jangkar dalam 82 pertandingan dengan kontribusi 14 gol dan 6 asisst.

Dia juga dipercaya 29 kali bermain sebagai gelandang tengah (box to box) dengan kontribusi 2 gol dan 2 assist. Kemudian 9 laga sebagai play maker dengan 1 gol, juga satu kali sebagai sayap kiri lewat torehan 1 gol.

Lewat catatan mentereng ini, wajar saja jika PSM kembali kepincut mendapatkan servisnya. Pengamat Sepakbola, Tony Ho menilai Pellu memiliki karakter yang cocok dengan permainan PSM. Jika jasanya betul-betul dimainkan kembali, bukan tidak mungkin skuad Bernardo Tavares kian komplit.

Eks pelatih PSM melihat sosok pemain berusia 30 tahun itu sangat membantu tim kala berseragam Pasukan Ramang. Posisinya sebagai gelandang jangkar memainkan perannya dengan sangat baik.

“Saya lihat Pellu sangat pintar di posisinya. Bagus menambah kekuatan di lapangan tengah. Namun, komposisi PSM di lini tengah saat ini juga cukup bagus,” ujarnya.

Pelatih PSM, Bernardo Tavares juga tidak menutup kemungkinan datangnya Pellu ke skuadnya. Menurutnya, tim yang bagus akan selalu menunggu pemain yang punya kualitas bagus juga. Dia membuka kesempatan melengkapi skuadnya hingga deadline berakhir.

“Jika memang ada pemain bagus di luar sana, kita tetap membuka pintu atau menyediakan ruang kepada mereka,” tegasnya.

Meski begitu, kesempatan Pellu berseragam PSM lagi terbilang kecil. Selain Bali United yang enggan melepas, jadwal pendaftaran pemain juga berakhir hari ini (kemarin-red). (wid-muh)

* * *

Statistik Rizky Pellu Pellu

PSM
Main : 117
Menit Bermain : 9.122
Gol : 16
Assist : 7
Kartu Kuning : 15
Kartu Merah : 0

Bali United
Main : 38
Menit Bermain : 1.961
Gol : 2
Assist : 1
Kartu Kuning : 5
Kartu Merah : 0

Pelita Jaya
Main : 1
Menit Bermain : 90
Gol : 0
Assist : 0
Kartu Kuning : 0
Kartu Merah : 0

Total
Main : 156
Menit Bermain : 11.173
Gol : 18
Assist : 8
Kartu Kuning : 20
Kartu Merah : 0

==========

Statistik Berdasarkan Posisi Bermain
Gelandang Jangkar
Main : 82
Gol : 14
Assist : 6

Box to box
Main : 29
Gol : 2
Assist : 2

Gelandang Serang
Main : 9
Gol : 1
Assist : 0

Sayap Kiri
Main : 1
Gol : 1
Assist : 0

====

Statistik Berdasarkan Kompetisi

Liga 1
Main : 126
Gol : 15
Assist : 7
Menit Bermain : 8.993
Kartu Kuning : 19
Kartu Merah : 0

Piala Indonesia
Main : 9
Gol : 1
Assist : 0
Menit Bermain : 790
Kartu Kuning : 0
Kartu Merah : 0

Piala Presiden
Main : 4
Gol : 0
Assist : 0
Menit Bermain : 230
Kartu Kuning : 0
Kartu Merah : 0

Piala Menpora
Main : 4
Gol : 1
Assist : 0
Menit Bermain : 239
Kartu Kuning : 0
Kartu Merah : 0

AFC Cup
Main : 13
Gol : 1
Assist : 1
Menit Bermain : 921
Kartu Kuning : 1
Kartu Merah : 0