Masuk Kategori C, Stadion Gelora BJ Habibie Disebut Layak Gelar Pertandingan Liga 1

by -13 Views

RUBRIK.ID,PAREPARE–Stadion Gelora BJ Habibie di Kota Parepare masuk kategori C . Hal ini setelah PSSI melakukan pengecekan terhadap stadion berkapasitas 20 ribu penonton tersebut.

“PSSI sudah datang cek stadion. Standar stadion kita masuk kategori tipe C. Sudah bisa menggelar pertandingan Liga 1,”jelas Kadis Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Parepare,Amarun Agung Hamka, Senin(18/7/2022).

Ia menyebut rumput dan kontur lapangan jadi perhatian penting PSSI. Mereka sudah menguji. Sampai mengukur tanah dan memperhatikan cara potong rumputnya.

“Tanah dan rumput sudah diuji. Ditusuk itu tanah dan rumput, dicek kandungan tanahnya. Sudah aman. Cara memotong rumput juga itu diperhatikan dengan baik. Diminta mata pisaunya dipertajam,” jelasnya

Plt Kadis Kominfo tersebut juga mengatakan pencahayaan segera rampung. Lampunya sudah tiba. Kata dia, satu bohlam itu dayanya 2000 Watt. Fasilitas lainnya juga segera beres.

Lampu juga sudah datang. Rumahnya sudah terpasang, sisa menunggu kabelnya. Insyaallah pencahayaannya sudah aman juga. Tinggal satu tiang lampu dikerja ini malam,” sebutnya.

Hamka itu juga mengatakan jalur evakuasi stadion sudah aman. Saat ini, ruang broadcasting yang menjadi perhatian.

“Kita terus laporkan progresnya. Kita minta petunjuk ke LIB dan PSSI. Saat ini jalur evakuasi aman. Sisa tempat kamera untuk broadcasting. Ada tempat broadcast tapi kena tiang kalau di pasang kamera. Itu yang kita benahi sekarang,” ujarnya.

Laga kandang perdana melawan Bali United diusahakan bisa berlangsung di Parepare.

“Insyaallah bisa. Kita sisa cek kesiapan hotel ini. Hampir pasti untuk PSM nanti di Hotel Satria Wisata. Kalau tim tamu masih kita cari yang sesuai dan nyaman,” ungkap Hamka.

PSSI kata dia, terus mendorong stadion untuk naik kelas menjadi tipe B. Sehingga, stadion ini bisa jadi kandang PSM Makassar di perhelatan AFC.

“PSSI ini selalu mendorong kami berbenah. Jangan stagnan. Kita didorong untuk naik tipe B biar bisa dipakai AFC. Jangan sampai sering digunakan. Usahakan batasi penyewaan. Supaya bisa berprogres ke tipe B,” ujarnya.

Untuk menjadi stadion tipe B, beberapa fasilitas harus ditingkatkan. Seperti single seat disarankan minimal 5000. Lampu 1200-1800 lux aman. Lampu untuk kamera.

“Kapasitas penonton bukan standar, yang penting kualitas lapangan. Keselamatan penonton jangan sampai berdesak-desakan,” pungkasnya.

Walikota Parepare Taufan Pawe menegaskan Parepare hampir pasti jadi tuan rumah PSM. “Alhamdulillah bisa dikatakan hampir pasti kita dalam posisi penyelenggara liga 1 tahun 2022/2023. Ini penting sekali karena banyak variabel. Variabel itu terkait eksistensi PUPR, terkait pencahayaan lighting lampu,” ujarnya.

(rubrik1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.