KM Prince Soya Terbakar di Dermaga Pelabuhan Nusantara Parepare

by -8 Views

RUBRIK.ID,PAREPARE–Kapal Motor Prince Soya yang berlabuh di dermaga Pelabuhan Nusantara , Kota Parepare, Sulawesi Selatan mengalami kebakaran.

Insiden ini terjadi Rabu(13/7/2022) sekitar pukul 09.30 Wita saat proses muat penumpang dan barang berlangsung.

Pantauan detik di lokasi kejadian, ratusan penumpang yang sudah berada di atas kapal langsung panik dan berlarian meninggalkan barang di atas kapal saat mengetahui adanya kebakaran.

Kebakaran baru diketahui saat asap hitam tebal mulai keluar dari ventilator kapal dan dilihat oleh penumpang yang hendak naik ke kapal.

“Saya lihat asap tebal , saya kira asap biasa, pas semakin tebal asapnya saya langsung teriak dan semua langsung panik berlarian keluar kapal , ” beber Kifly, salah seorang penumpang.

Kapolres Parepare, AKBP Andiko Wicaksono membeberkan informasi yang sementara masih didalami, api berasal dari ruang dapur di dek bawah kapal semi roro tersebut. penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan.

“Kalau dari informasi awal, api diduga berasal dari dapur, tapi masih kita lakukan pendalaman, Kita masih melakukan penyelidikan bersama Tim Damkar Parepare dan KSOP Parepare apa penyebab kebakaran di ruang dapur ,”ungkapnya.

Andiko menjelaskan saat ini pihaknya masih melakukan koordinasi dengan pihak KSOP untuk proses lebih lanjut.

“Setelah api berhasil dipadamkan langsung akan kami lakukan identifikasi, ” terangnya.

Sementara itu,Petugas Tim Damkar Parepare yang menurunkan menurunkan 5 mobil pemadam baru bisa menjinakkan api satu jam setelah kejadian. Asap tebal di dalam kapal menyulitkan pemadam mencapai titik api.

” Kita menurunkan 5 unit armada untuk memadamkan api. Api di ruang dapur kapal, kita padamkan dengan cepat, kita kesulitan karena asap tebal dalam kapal sementara masker milik kami terbatas, “ungkap Kabid Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Parepare, Syafruddin Sjam.

Hingga saat ini polisi masih melakukan identifikasi di atas KM Prince Soya. Kapal rute Parepare-Samarinda tersebut kemungkinan batal berangkat karena adanya insiden kebakaran tersebut.

(rubrik1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.