Kiper Muda PSM Makassar Makin Gemilang, Lakukan Save Terbanyak di Piala Presiden

by

RUBRIK. ID–PAREPARE–Kiper PSM Makassar, M Reza Arya Pratama menjadi kiper yang melakukan melakukan save atau penyelamatan terbanyak di Piala Presiden 2022.

Berdasarkan statistik Piala Presiden selama 3 pertandingan di babak penyisihan grup tercatat Reza melakukan 14 kali save, jauh mengungguli
penjaga gawang klub lainnya yang lebih berpengalaman seperti M Ridho hingga kiper asal Brasil, Adilson Maringa yang merupakan pemain asing asal Brasil.

Selama tiga penampilan bersama PSM, Reza tidak pernah bobol dalam permainan open play. Satu satunya kebobolan PSM didapat melalui titik putih ketika dikalahkan oleh Persikabo 1973.

Penampilan apik yang diperlihatkan kiper asal Kota Parepare tersebut tidak lepas dari kepercayaan yang diberikan oleh pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares.

Selama laga uji coba, hingga turnamen pra musim, Reza selalu dipercayakan menjaga mistar gawang tim Juku Eja.

Sebelumnya, Reza Arya Pratama hanya menjadi kiper keempat PSM. Pemain berusia 22 tahun asal Kabupaten Parepare itu kalah bersaing dengan para seniornya seperti Rivky Mokodompit, Syaiful, dan Hilmansyah.

Tetapi ketika Hilman dan Syaiful hengkang, giliran Reza untuk unjuk gigi. Meski PSM sebetulnya PSM merekrut kembali Rivky Mokodompit, tetapi Bernardo tetap mempercayakan penjaga gawang kepada Reza.

PSM Makassar sebetulnya juga merekrut 2 kiper berpengalaman, yakni eks Persita Tangerang, Annas Fitranto dan Harlan Suardi yang direkrut dari Perijap Jepara. Tetapi keduanya belum pernah dimainkan oleh Bernardo.

Atas capaian Reza ini, Direktur Utama PSM Makassar, Munafri Arifuddin mengaku bangga. Ia senang karena dibalik kepergian beberapa kiper dari PSM, justru dapat mengorbitkan pemain yang jauh lebih baik.

“Performa yang ditampilkan Reza ini menunjukkan bahwa kita tidak pernah kehabisan talenta pemain-pemain bagus. Kariernya Reza masih panjang untuk terus berkembang,” kata CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin .

Statistik Penjaga Gawang di Piala Presiden 2022:
1. M Reza Arya Pratama (PSM Makassar)
Penyelamatan: 14

2. Muhammad Ridho (Bali United)
Penyelamatan: 11

3. Rendy OS (Madura United)
Penyelamatan: 8

4. Andika Ramadhani (Persebaya Surabaya)
Penyelamatan: 8

5. Adilson Maringa (Arema FC)
Penyelamatan: 7

6. M Ridwan (PSS Sleman)
Penyelamatan: 6

7. Adre (Persija Jakarta)
Penyelamatan: 6

8. Tedi Heri (Persikabo 1973)
Penyelamatan: 6

9. Diky (Persikabo 1973)
Penyelamatan: 6

10. Dikri Yusron (Persik Kediri)
Penyelamatan: 6

Profil M Reza

Nama Muhammad Reza Arya Pratama menjadi salah satu pemain PSM Makassar yang ditunggu aksinya oleh suporter tim Juku Eja.

Pemain bernomor punggung 30 tidak asing bagi tersebut pecinta sepakbola bola di Parepare .

Ya, pemain berdarah Makassar-Sidrap tersebut menghabiskan masa kecil hingga remaja di Kota Parepare.

Reza diketahui mengeyam pendidikan di SD DDI Parepare, SMP 1 Parepare lalu melanjutkan sekolah di SMA 8 Makassar.

Bakat sepak bola Reza mulai terlihat saat masuk di SSB Bintang Muda.

Dari SSB tersebut Reza kemudian mulai dilirik masuk di Pra Porda, Pra PON, dan PON hingga akhirnya masuk di skuad PSM U-19.

Reza masuk tim PSM Makassar senior tahun 2019 lalu dan mulai mendapatkan kepercayaan dalam beberapa laga baik uji coba maupun di Piala Presiden.

Reza diprediksi akan kembali menjadi pilihan utama Bernardo Tavares dalam penyisihan AFC Cup yang berlangsung di Malaysia.

(rubrik1)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.