Taufan Pawe Instruksikan Diskes dan RS Andi Makkasau Massif Sosialisasikan Gejala Awal Hepatitis Akut

by

RUBRIK. ID, PAREPARE- Fenomena Hepatitis akut yang tidak diketahui penyebabnya, menjadi sorotan dunia setelah WHO menetapkannya sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) pada 15 April 2022.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe menginstruksikan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan RSUD Andi Makkasau Parepare untuk menggencarkan informasi kepada publik terkait gejala awal Hepatitis Akut.

“Hepatitis akut misterius banyak menyerang anak usia di bawah 13 tahun. Artinya pada usia tersebut masih mengenyam pendidikan di sekolah tingkat SD dan SMP,” katanya, Kamis (12/05/2022).

Pencegahan kasus hepatitis akut anak ini, lanjut Taufan hendaknya menjadi perhatian lebih, khususnya bagi anak usia Play Group (Day Care), PAUD/TK, dan SD. Harus menjadi kesadaran kolektif, khususnya bagi guru, siswa, dan orang tua.

“Mari bersama sama menjaga kebersihan dan tetap patuh Protokol Kesehatan agar anak anak kita semua terhindar dari penyakit Hepatitis Akut ini,” tandas Ketua DPD I Golkar Sulsel ini.

Diketahui Menurut Kemenkes, gejala awal Hepatitis akut misterius adalah gangguan gastrointestinal seperti mual, muntah, diare berat, demam ringan.

Gejala bisa lanjut dengan Air kencing berwarna pekat seperti teh dan BAB putih pucat, kulit dan mata kuning, gangguan pembekuan darah, kejang, penurunan kesadaran.

(rubrik1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.